Massa Akan Boikot Pintu Keluar Bandara Haluoleo Kendari, Termasuk Jalan ‘Tikus’

1336
 

Kendari, Inilahsultra.com Massa sudah mengidentifikasi sejumlah pintu keluar Bandara Halu Oleo Kendari jelang kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal China yang berjumlah 152 orang plus 4 tenaga kesehatan, Selasa 23 Juni 2020.

Beberapa jalan, termasuk jalan tikus akan ditutup oleh massa aksi untuk menghalau kedatangan para TKA asal Tiongkok itu.

- Advertisement -

Menteri Pergerakan BEM IAIN Kendari Benny Lamangga menyatakan, pihaknya sudah melakukan identifikasi terhadap jalan mana saja yang berpotensi diloloskan TKA China dari Bandara Halu Oleo ke Morosi Kabupaten Konawe.

“Kita akan aksi di beberapa titik. Termasuk di jalan yang menuju Konda. Termasuk jalan tikus kita sudah tahu. Kita sudah koordinasi dengan kawan-kawan di Konda,” kata Benny, Senin 22 Juni 2020.

Ia menyebut, penolakan terhadap TKA China sebagai bentuk protes atas kebijakan pemerintah yang memaksakan TKA China masuk di tengah pandemi virus corona.

“Kita juga akan blokade semua jalan keluar Bandara Haluoleo,” katanya.

Selain karena pandemi virus corona, kedatangan TKA China juga ini bertentangan dengan aturan. Sebagaimana kasus kedatangan 49 TKA China yang hanya menggunakan visa kunjungan.

“Ini persoalan hukumnya belum selesai. Kita dilarang berkumpul berdasarkan maklumat Kapolri, tapi membiarkan TKA China masuk di tengah pandemi,” jelasnya.

Ia menuturkan, seluruh TKA China harus mematuhi aturan jika datang bekerja di Indonesia. Salah satunya adalah harus belajar lebih dulu bahasa Indonesia.

“TKI kita harus disekolahkan dulu sebelum bekerja di luar negeri. TKA China juga harus magang dulu belajar bahasa kita. Jangan diistimewakan,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Inilahsultra.com, ada sembilan elemen gerakan yang akan melakukan aksi besok.

Beberapa diantaranya mengajukan pemberitahuan aksi namun tidak diterima oleh polisi. Sementara beberapa elemen lainnya tidak menyampaikan surat pemberitahuan aksi.

Mayoritas, elemen gerakan yang akan turun besok dari kalangan mahasiswa, ormas maupun anggota dewan dari PKS.

Mereka akan turun menggelar demo di persimpangan Desa Ambeipua Kecamatan Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan atau tepatnya di depan gerbang masuk Bandara Halu Oleo Kendari.

Penulis : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...