121 Balita dan 46 Ibu Hamil Terdampak Banjir Konawe Utara

325
 

Konawe Utara, inilahsultra.com Sebanyak 2.208 jiwa dilaporkan mengungsi akibat banjir yang menggenangi beberapa kecamatan di Kabupaten Konawe Utara.

Beberapa daerah yang terdampak banjir adalah Kecamatan Andowia yaitu Desa Puusuli, Puuwonua, Laronanga, Labungga dan Andowia dengan jumlah 386 (KK) namun tidak ada jiwa yang mengungsi.

- Advertisement -

Sementara Kecamatan Wiwirano Yaitu Desa Pondoa, Lamonae Utama, Padalere Utama dan UPT Trans Padalere dengan jumlah 283 (KK) sebanyak 631 jiwa.

Kecamatan Langgikima Desa Poloro Indah dengan Jumlah 6 (KK) namun tidak ada jiwa yang mengungsi. Kecamatan Landawe yaitu Desa Tambakua dan Landiwo dengan jumlah 133 (KK) hanya dari Desa Landiwo sebanyak 250 jiwa yang mengungsi..

Kecamatan Asera yaitu Desa Puuwanggudu, Alaa Wanggudu, Wanggudu Raya dan Longea Utama dengan jumlah 328 (KK) sebanyak 1.327 Jiwa.

Sehingga keseluruhan  terdiri dari 1.138 Kepala Keluarga (KK), 2.208 Jiwa, 121 balita, 46 ibu hamil (bumil) dan 12 menyusui.

Sementara itu, di Kecamatan Oheo hanya akses jalan terputus yang terletak di Desa Sambandete  sehingga belum ada warga dari Kecamatan Oheo yang mengungsi.

Hal itu dibenarkan oleh salah satu warga Kelurahan Linomoiyo Kecamatan Oheo Acil saat di wawancarai melalui pesan Whatsapp.

“Hanya akses jalan yang terputus namun belum ada warga yang mengungsi, tetapi dari 4 desa yaitu Linomoiyo, Puuhialu, Sambandete dan Bendewuta sementara siap siaga akibat banjir yang kemarin datang tiba-tiba,” ungkapnya.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, Djasmiddin mengatakan sampai hari ini total yang terdampak banjir berjumlah 1.138 Kepala Keluarga (KK).

“Data Korban banjir sampai 22 Juni 2020 yang terdampak banjir 1.138 (KK) dengan total jiwa 2.208 yang tersebar di Andowia, Wiwirano, Langgikima, Landawe, dan Asera,” ungkapnya Senin 22 Juni 2020.

Djasmidin menyebut ,dari enam Kecamatan jumlah desa yang terendam sebanyak 17 desa.

“Desa yang terdampak diantaranya Puusuli, Puuwonua, Laronanga, Labungga, Andowia, Pondoa, Lamonae Utama, Padalere Utama, UPT Trans Padalere, Poloro indah, Tambakua, Landiwo, Sambandete, Puuwanggudu, Alaa Wanggudu, Wanggudu Raya dan Longea utama,” bebernya.

Penulis : Nur Kasri

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...