Rajab Jinik : Program Kotaku di Kendari Perjuangan Ridwan Bae di Kementerian PUPR

961
 

Kendari, Inilahsultra.com Pemerintah Kota Kendari mendapat program kotaku dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk penanganan lingkungan kumuh sebesar Rp 4 miliar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah menurunkan program kotaku di empat kelurahan di Kota Kendari dalam rangka penataan kawasan lingkungan yang kumuh,” kata anggota DPRD Kota Kendari, LM Rajab Jinik, Rabu 24 Juni 2020.

- Advertisement -

Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Kendari ini menjelaskan, yang mengusulkan program kotaku ini di Kementerian PUPR adalah anggota DPR RI dari Sultra Ridwan Bae.

Rajab menyebut, Ridwan terus memikirkan kondisi beberapa daerah di Bumi Anoa khususnya di Kota Kendari.

“Ini usulan Pak Ridwan, kami sangat berterima kasih kepada Pak Ridwan selaku anggota DPR RI bermitra dengan PUPR, yang telah menerima usulan kami program kotaku untuk di Kota Kendari sebanyak empat kelurahan,” ucap Rajab.

Program ini juga, kata Rajab, salah satu perjuangan kader Golkar di DPRD Kota Kendari dan terus meminta bantuan kepada Ridwan Bae.

“Usulannya kami sampaikan sama Pak Ridwan. Pak Ridwan mengusulkan ke PUPR sebagai mitra kerja, dan berkat Pak Ridwan dana program kotaku itu turun di Kota Kendari,” jelasnya.

Menurut Rajab, kawasan kumuh di Kota Kendari masih banyak, untuk itu, ke depannya mereka akan terus mengusulkan, berkomunikasi dan meminta bantuan Ridwan Bae untuk memperjuangkan program penataan kawasan kumuh di Kementerian PUPR.

“Ke depannya kita akan kembali berkomunikasi sama Ridwan Bae untuk menambahkan program kotaku selaku perwakilan Sultra di DPR RI, karena jujur saja di Kota Kendari ini banyak kawasan kumuh yang harus ditata rapi,” jelasnya.

Untuk itu, kata Rajab, dirinya selaku Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari yang membidangi bagian dari pembangunan dan infrastruktur akan mengawasi program kotaku, karena jangan sampai kepala Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang diberikan kewenangan dalam proses pengelolaan dana Rp 4 miliar ini bermain-main dengan dana tersebut.

Kemudian, lanjut Rajab, akan meminta penggunaan anggarannya transparan, dan akan turun langsung meninjau di lapangan pelaksanaan program dan penggunaan anggaran kotaku yang direalisasikan.

“Saya akan turun langsung untuk mengecek dan memastikan proses perencanaan dan pembangunan yang dilakukan di lapangan. Jadi BKM dan pendamping jangan berani bermain-main dengan anggaran program kotaku,” tutupnya.

Sebelumnya Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir melakukan peletakan batu pertama pembangunan drainase di RT 10, menyerahkan dana Kotaku pada BKM O Tipulu Jaya, Selasa 23 Juni 2020.

Sulkarnain mengatakan, tahun 2020 Kota Kendari mendapat alokasi anggaran Kotaku untuk penanganan lingkungan sebesar Rp 4 miliar, sedangkan untuk penanganan kawasan sebesar Rp 42 miliar.

Alokasi anggaran kotaku terdapat empat kelurahan yakni, Kadia, Mataiwoi, Tipulu dan Mata. Sedangkan penanganan kawasan dilakukan di Kelurahan Petoaha dan Bungkutoko.

“Tahun ini 4 kelurahan ini akan menentukan nasib kelurahan yang lain, kalau ini sukses, maka akan terbuka kesempatan kelurahan yang lain. begitupun sebaliknya,” katanya.

Koordinator Kota program Kotaku Langkarisu mengatakan, penataan lingkungan di RT 10 Kelurahan Tipulu cukup unik karena melibatkan kolaborasi banyak pihak, seperti dana kelurahan, dana CSR Bank Indonesia.

Selain Kelurahan Tipulu, dalam pekan ini lanjut Langkarisu, akan menyusul pencairan dana untuk tiga kelurahan lainnya yakni, Kelurahan Kadia, Mataiwoi dan Kelurahan Mata.

“Tipulu sudah masuk tahap pemanfaatan dana. Tipulu merupakan kelurahan pertama yang mencairkan dana di Sultra, semoga minggu ini 3 kelurahan akan menyusul, karena saya melihat administrasinya sudah rampung,” tutupnya.

Untuk diketahui, anggaran tersebut digunakan untuk penanganan lingkungan di tujuh titik. Penanganan lingkungan yang rencananya dilakukan BKM O Tipulu Jaya ini meliputi pekerjaan drainase, pavin blok, jalan beton, sumur bor, perpipaan, bak penampung, septictank.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...