Gelombang Kedua TKA China Tiba Besok di Bandara Haluoleo Kendari

356
 

Kendari, Inilahsultra.com – Kedatangan gelombang kedua tenaga kerja asing (TKA) China ke Kendari dijadwalkan besok, Selasa 30 Juni 2020.

Hal ini diungkapkan Eksternal Affairs Manager PT Virtue Dragon Nickel Indistry (VDNI) Indrayanto kepada wartawan, Senin 29 Juni 2020.

- Advertisement -

Meski demikian, Indrayanto tidak mengetahui secara detail jumlah TKA yang didatangkan besok. Sebab, yang mengungkap jumlah kedatangan TKA tergantung di Jakarta.

“Nanti besok ditahu jumlahnya,” kata Indrayanto saat dihubungi wartawan di Kendari.

Indra menyebut, TKA China ini lebih dulu menjalani karantina di negara asalnya sebelum didatangkan ke Kendari Sulawesi Tenggara.

Hal itu, sebagai bentuk pemberlakuan protokol kesehatan terhadap orang asing yang masuk Indonesia.

Selain karantina di negara asal, para TKA juga ini akan menjalani karantina selama 14 hari di Konawe seperti 156 TKA yang didatangkan pada gelombang pertama 23 Juni 2020 lalu.

Selain memastikan kondisi kesehatan para TKA, VDNI juga memastikan soal keterpenuhan syarat administrasi para TKA.

Ia menyebut, para TKA yang datang ini mengantongi visa 312 atau visa kerja sebagai ahli di bidang pembangunan smelter.

“Soal visa sudah klir. Tidak ada masalah lagi,” imbuhnya.

Sebanyak 500 TKA akan didatangkan dari negeri tirai bambu untuk memasang jaringan smelter di PT VDNI dan PT OSS yang ada di Morosi Kabupaten Konawe.

Keberadaan TKA China juga ini ikut berdampak pada rekrutmen tenaga kerja lokal sebagai pendamping TKA yang jumlahnya sekitar 5 ribu orang.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...