Polres Baubau Ungkap 19 Kasus Curanmor, 6 Tersangka

899
 

Baubau, Inilahsultra.com – Polres Baubau berhasil mengungkap 19 kasus pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Pengungkapan 19 kasus Curanmor sepanjang tahun 2019 hingga Juni 2020 ini dengan barang bukti sebanyak 23 unit kendaraan bermotor.

- Advertisement -

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengungkapkan, dari 19 kasus Curanmor yang diungkap tersebut pihaknya berhasil mengamankan enam tersangka.

“Pengungkapan kasus ini berkat kerjasama seluruh tim, terutama tim Panter 78 Sat Reskrim Polres Baubau yang terus melakukan pengembangan dari satu kasus berkembang menjadi beberapa kasus,” ungkapnya saat melakukan konferensi pers, Selasa 30 Juni 2020.

Kata dia, dari 19 kasus tersebut ada 16 kasus yang sudah tahap II dan tiga kasus lainnya sementara dalam penyelidikan.

“Jadi 16 barang bukti beserta tersangka sudah dilimpahkan dan tujuh barang bukti lainnya ini yang masih dikembangkan,” ujarnya.

Perwira dua melati di pundak ini mengurai, keenam tersangka yang diamankan ini bekerja sendiri dalam menjalankan aksinya. Modusnya, merusak lobang kunci atau mengambil motor yang kuncinya ketinggalan.

“Untuk TKP-nya ini diseluruh wilayah hukum Polres Baubau, yakni Kota Baubau dan Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Tersangkanya ada residivis,” urainya.

Orang nomor satu di Polres Baubau ini mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu waspada jika berkendara. Terutama dalam hal memarkir kendaraan dan jangan lupakan kuncinya di kendaraan.

“Dari 23 barang bukti motor, sisa tujuh motor yang belum diketahui pemiliknya. Jadi, bagi masyarakat yang merasa bahwa motornya ada disalah satu dari tujuh barang bukti ini maka membawa dokumen pendukung seperti STNK dan BPKB, kita akan serahkan,” pungkasnya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 362, 363, 365 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...