Dua Hari, Tambahan Kasus Positif Corona di Sultra Sebanyak 101 Orang

1642
 

Kendari, Inilahsultra.com – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami peningkatan begitu signifikan dalam dua hari terakhir sebanyak 101 orang.

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sultra, pada Rabu 1 Juli 2020, kasus virus corona terkonfirmasi positif sebanyak 42 orang semuanya dari Kabupaten Kolaka Utara. Sehingga total kasus terkonfirmasi positif sebanyak 405 orang,

- Advertisement -

Ke 42 kasus baru di Kolaka Utara berasal dari satu orang yang bekerja di perusahaan tambang di daerah tersebut, yang dirawat karena PDP dan dilanjutkan pemeriksaan hasilnya positif.

“Kemudian dilakukan pelacakan dan ditemukan dua orang yang kontak erat sesama pekerja tambang. Kemudian menyebar dan menjangkiti beberapa petugas medis ada di rumah sakit di daerah tersebut,” kata Jubir Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal.

Kemudian, Kamis 2 Juli 2020, kasus virus corona di Sultra ada tambahan kasus baru sebanyak 59 orang, sehingga total terkonfirmasi positif sebanyak 464 orang.

“Kasus baru terdiri dari Kabupaten Kolaka Utara 18 orang, Kolaka 3 orang, Buton Selatan 2 orang, Konawe Utara 2 orang, Kota Kendari 14 orang, dan Kota Baubau 20 orang,” kata dr La Ode Rabiul Awal.

Total 464 kasus positif dengan rincian, yang menjalani perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit 210 orang, kasus sembuh bertambah sebanyak 12 orang, dan kasus meninggal bertambah satu orang, sehingga keseluruhan menjadi 7 orang.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra ini menjelaskan, status pandemi saat ini benar-benar belum berakhir. Oleh karena itu, dalam transisi menuju new normal harus makin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan

“Dengan begitu kita melindungi diri kita sendiri, melindungi keluarga kita dan melindungi orang lain,” jelasnya.

Ia menambahkan, kepada jajaran Gugus Tugas Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk semakin agresif dalam melakukan pencegahan dan deteksi Covid di daerah masing-masing, karena penularan masih terjadi.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...