Uji Coba Kapal Feri Sandar di Kadatua Busel

1802
 

Batauga, Inilahsultra.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) bersama ASDP Baubau melaksanakan uji coba lencengan kapal Feri sementara di Dermaga Kapoa Kecamatan Kadatua, Jumat 3 Juli 2020.

Uji coba Kapal Feri KMP Inanere sandar di lencengan sementara itu berjalan sukses tanpa kendala dengan memuat mobil DT 1 W (mobil dinas Bupati Busel) bersama rombongan.

- Advertisement -

Bupati Busel H La Ode Arusani menuturkan dengan beroperasinya Feri ini akan mendorong percepatan pembangunan dan perekonomian dengan menekan harga-harga baik bahan bangunan seperti pasir, kayu, semen atau kebutuhan masyarakat berupa sembako.

“Serta mendorong sektor pariwisata di Kadatua seperti Labulengke, Tei Lalo dan Liwutongkidi (Pulau Ular),” tutur Arusani.

Orang nomor satu di Busel ini juga menyampaikan rencana pembangunan Bandara Pariwisata dan Cargo di Kadatua yang pengerjaan awalnya sudah dimulai tahun ini, berupa Penyusunan Studi Kelayakan Bandara.

Kepala ASDP Baubau Suharto mengapreseasi Bupati Busel yang terus mendorong dan memotivasi untuk menghadirkan kapal Feri di daerah Kepuluan Busel.

“ASDP Baubau berkomitmen akan bersama-sama memperjuangkan armada Feri baru khusus untuk melayani lintasan antar pulau di Busel yaitu Batauga-Siompu, Batauga-Kadatua, serta Batauga-Batuatas,” ucap Suharto.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Busel Erik Oktora Hibali menambahkan tahun ini sementara dibangun Pelabuhan Feri Kadatua yang permanen di Desa Banabungi Selatan dengan anggaran 75 miliar dari APBN Pusat.

“Dalam waktu dekat kita akan segera mengurus perijinan lintasan Feri Baubau-Kadatua-Siompu di Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI, sehingga rute ini dapat beroperasi secara rutin tahun ini,” tambah Erik.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...