Bombana Bersih dari Corona Setelah 74 Pasien Dinyatakan Sembuh

806
 

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak empat kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan bersih dari virus Corona, salah satunya Kabupaten Bombana.

Keempat daerah itu adalah Konawe Kepulauan, Muna Barat, Buton Utara dan Bombana. Dalam peta Gugus Tugas Covid-19 Sultra, keempat daerah ini kategori putih.

- Advertisement -

Khusus Bombana, daerah yang awalnya meledak kasus virus corona dari klaster KM Dorolonda. Sebanyak 74 warganya dilaporkan terkonfirmasi positif corona.

Namun seiring dengan upaya karantina dan isolasi ketat, seluruh pasien dinyatakan sembuh.

“Sampai saat ini, ada empat kabupaten yang dinyatakan bebas Covid di Sultra,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal, Minggu 5 Juli 2020.

Sementara Muna Barat, awalnya ada dua kasus terkonfirmasi positif. Namun, dua pasien telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di RSUD Muna.

Kabupaten Buton Utara terkonfirmasi positif satu orang dan juga telah dinyatakan sembuh. Sementara Kabupaten Konawe Kepulauan merupakan satu-satunya daerah di Sultra yang tidak ditemukan kasus virus corona.

Rabiul juga menyebut, ada tiga daerah di Sultra yang tinggal merawat satu pasien setelah sebagian dinyatakan sembuh. Yakni, Kolaka Timur (Koltim), Konawe Selatan dan Wakatobi.

Sementara tiga daerah yang tengah merawat dua kasus aktif yakni, Konawe, Muna dan Buton Selatan.

Sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melaporkan penambahan tiga kasus baru virus corona di Bumi Anoa, Minggu 5 Juli 2020.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal menyatakan, dengan adanya penambahan tiga kasus baru, maka total kasus terkonfirmasi positif di Sultra sebanyak 482 orang.

Tiga kasus baru itu berasal dari Kota Baubau satu orang dan dua orang dari Kabupaten Buton.

Selain mengumumkan tambahan kasus baru, pada hari ini juga terjadi penambahan pasien sembuh sebanyak 12 orang. Dengan demikian, hingga hari ini total pasien yang sembuh dari virus corona sebanyak 274 orang.

“Pasien meninggal bertambah satu orang menjadi delapan orang dan menjalani perawatan atau isolasi sebanyak 200 orang,” jelas Rabiul Awal.

Untuk kasus sembuh, sebut Rabiul, terdiri dari Kota Baubau 8 orang dan masing-masing Muna, Bombana, Kolaka Timur dan Konawe satu orang.

“Sedangkan pasien meninggal laki-laki 53 tahun dari Kabupaten Buton,” bebernya.

Rabiul menuturkan, tren kasus sembuh virus corona di Sultra makin meningkat namun di sisi lain masih terjadi penambahan kasus setiap harinya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada Gugus Tugas Kabupaten atau Kota untuk tetap intens melakukan edukasi, telusur riwayat kontak dan pencegahan di tengah masyarakat.

Ia juga menyerukan agar masyarakat tetap patuh menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...