Basarnas Evakuasi Warga Konut yang Terjebak Banjir 1,5 Meter

289
 

Kendari, Inilahsultra.com – Basarnas Kendari mengevakuasi sejumlah warga di Desa Laronanga Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara yang terjebak banjir setinggi 1,5 meter.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi menyatakan, pada Rabu 8 Juli 2020, sekira pukul 04.35 Wita pihaknya menerima informasi dari Camat Andowia Hasrat bahwa sekira pukul 00.15 Wita telah terjadi bencana banjir di Desa Laronanga.

- Advertisement -

Banjir dipicu curah hujan yang cukup tinggi dengan ketinggian air sekitar 1 hingga 1,5 meter. Ia pun meminta agar Pos Unit Siaga SAR Konawe Utara untuk melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir.

“Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 04.40 Wita, tim rescue diberangkatkan dengan menggunakan satu unit rescue car membawa satu buah rubber boat beserta peralatan pendukung keselamatan lainnya untuk memberikan bantuan SAR,” jelas Aris Sofingi.

Sekira pukul 06.30 Wita, tim SAR gabungan melanjutkan pemantauan dan evakuasi terhadap masyarakat yang terdampak banjir di Desa Laronanga Kecamatan Andowia dan di Desa Puwanggudu Kecamatan Asera.

“Masyarakat yang dievakuasi oleh tim SAR gabungan dibawa ke posko terpadu untuk selanjutnya ditempatkan di hunian sementara yang telah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Konawe Utara,” jelasnya.

Di Desa Laronanga, terdapat 372 jiwa dari 93 kepala keluarga. Sebanyak 15 jiwa dari 3 kepala keluarga dievakuasi. Sementara yang masih bertahan di rumahnya sebanyak 357 jiwa dari 90 kepala keluarga.

Di Desa Puwanggudu, terdapat 493 jiwa dari 136 kepala keluarga. Sebanyak, 360 jiwa dari 102 kepala keluarga melakukan evakuasi mandiri. Sementara yang masih bertahan di rumahnya masing-masing sebanyak 133 jiwa dari 33 kepala keluarga.

Aris menyebut, pada pukul 11.00 Wita evakuasi dinyatakan selesai mengingat kondisi sudah aman, curah hujan rendah, ketinggian air mulai surut sekitar 60 cm serta tidak ada masyarakat yang memerlukan evakuasi.

“Tim rescue unit siaga SAR Konawe Utara melanjutkan dengan pemantauan di dua desa tersebut,” tuturnya.

Penulis : Onno

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...