Dukung Penguatan Program Bangga Kencana, BKKBN Sultra Lakukan Kunker di Mubar

427
 

Laworo, Inilahsultra-com- Dalam rangka mendukung penguatan Program Bangga Kencana di daerah, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Muna Barat, Rabu, 8 Juli 2020.

Dalam kunjungan itu dilakukan audiensi antara Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra dengan Pemerintah Daerah setempat yang dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati Muna Barat.

- Advertisement -

Pada kesempatan yang sama juga disertai dengan acara penyerahan untuk memberdayagunakan ASN Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara formasi jabatan Penyuluh KB pengadaan tahun 2018 sebanyak 3 orang yang akan di tempatkan di Mubar.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Asmar mengatakan, penyerahan 3 orang penyuluh KB itu sebagai implementasi dari UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dimana urusan Pengendalian Penduduk dan KB menjadi “Urusan Konkuren” yaitu urusan yang dilaksanakan secara bersama-sama antara Pemerintah Pusat melalui BKKBN dan Pemerintah Daerah.

“Terkait dengan subsatansi penyerahan Penyuluh KB, yang diserahkan bukan status kepegawaiannya tetapi tenaganya untuk diberdayagunakan di daerah dalam mendukung program pemerintah pusat dan daerah,” kata Asmar.

Kata dia, status kepegawaian Penyuluh KB ini masih manjadi pegawai pusat (BKKBN) sehingga segala urusan yang berkaitan dengan ketenagaan dan keuangan menjadi tanggungan BKKBN.

“Sedangkan untuk melaksanakan tugas dan fungsi dalam pengendalian penduduk dan KB para Penyuluh KB ditempatkan di desa/kelurahan se-Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

Sementara, Kadis Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Muna Barat, Hidayat mengaku, 3 orang penyuluh KB itu berstatus PNS yang ditempatkan di Mubar. Hal itu atas perhatian dari provinsi karena tahun sebelumnya dari yang ditargetkan bisa tercapai.

Hidayat menyebut, untuk di Mubar ada 11 kecamatan kampung KB yang tersebar di 11 desa. Namun, dari 11 kampung KB yang akan lebih dibina kedepanya adalan di desa Waulai kecamatan Barangka.

“Alahmndulilah itu atas perhatian dari BKKBN provinsi sehingga kita dapat lagi tambahan tiga orang semoga kedepanya ada tambahan lagi,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan SK penempatan wilayah tugas dari Sekda Muna Barat ke 3 orang Penyuluh KB tersebut.Harapannya program Bangga Kencana di Muna Barat semakin maju ke depannya.

Reporter : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...