Ini Penjelasan PT Jhonlin Soal Izin Penggunaan Jalan Nasional

1963
 

Kendari, Inilahsultra.com โ€“ Publik Relations PT Jhonlin Batu Mandiri (JBM) Sahral menjelaskan, izin dispensasi penggunaan ruang dan manfaat jalan diatur dalam peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20/PRT/M/2010 tentang Pedoman Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian-bagian Jalan.

Dalam pasal 3 huruf b menyebutkan bahwa penggunaan ruang manfaat jalan yang memerlukan perlakuan khusus terhadap konstruksi jalan dan jembatan berupa muatan dan kendaraan dengan dimensi muatan sumbu terberat atau beban total melebihi standar.

- Advertisement -

Kemudian, lanjut dia, di pasal 4 ayat 2 menyebutkan penggunaan ruang manfaat jalan yang memerlukan perlakuan khusus terhadap konstruksi jalan dan jembatan sebagaimana dimaksud di dalam pasal 3 huruf b wajib memperoleh dispensasi dari penyelenggara jalan sesuai dengan kewenangannya.

โ€œJika merujuk pada peraturan tersebut, maka kewajiban untuk memperoleh dispensasi dari penyelenggara jalan dibebankan kepada pengguna ruang dan manfaat jalan, tidak dibebankan kepada pengguna jasa,โ€ jelas Sahral melalui via selulernya, Kamis 9 Juli 2020.

Perlu diketahui, kata Sahral, pengangkutan raw sugar milik PT Jhonlin dari Pelabuhan Bungkutoko Kendari menuju pabrik gula PAG di Bombana dilaksanakan atau dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan barang merupakan rekanan Jhonlin yang lahir dari proses tender.

Untuk itu menurutnya, bahwa ruang dan manfaat jalan sebagaimana yang dimaksud digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa angkutan barang sebagai penyedia jasa.

โ€œOleh karena itu, beban dan tanggung jawab dalam pengurusan izin dispensasi penggunaan jalan dibebankan kepada penyedia jasa selaku pengguna ruang dan manfaat jalan. Tidak dibebankan kepada PT Jhonlin selaku pengguna jasa,โ€ tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...