Lima Kabupaten di Sultra Dinyatakan Bersih Corona

902
 

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak lima kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) dinyatakan bersih dari virus Corona, setelah pasien terkonfirmasi virus corona di Kolaka Timur dinyatakan sembuh.

Lima Kabupaten daerah itu adalah Konawe Kepulauan (Konkep), Muna Barat (Mubar), Buton Utara (Butur), Bombana dan Kolaka Timur (Koltim).

- Advertisement -

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sultra, Rabu 8 Juli 2020, empat kabupaten ini dinyatakan bersih virus Corona seiring dengan upaya karantina dan isolasi ketat, seluruh pasien dinyatakan sembuh. Sementara untuk Konkep tidak ada kasus sejak virus Corona menimpa Sultra

“Sampai saat ini, ada lima kabupaten yang dinyatakan bebas atau bersih Covid-19 di Sultra. Setelah pasien terakhir asal Kolaka Timur sembuh Covid-19,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal.

Selain bertambah kabupaten bersih Covid-19, lanjut Rabiul, hari ini juga ada tambahan kasus baru terkonfirmasi positif sebanyak 7 orang terdiri dari 4 orang asal Kota Kendari, 2 orang dari Kabupaten Buton, dan 1 orang dari Buton Tengah.

Dengan adanya tambahan 7 kasus baru, kata dia, secara kumulatif keseluruhan kasus terkonfirmasi positif di Sultra sebanyak 494 orang dengan rincian yang menjalani perwatan, isolasi atau karantina di rumah sakit sebanyak 199 orang dan meninggal 8 orang.

Kemudian, untuk pasien sembuh kembali bertambah 2 kasus terdiri dari Buton Tengah 1 orang dan Kolaka Timur 1 orang. Sehingga total yang sembuh sebanyak 287 orang.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra ini menjelaskan, status pandemi saat ini benar-benar belum berakhir. Oleh karena itu, dalam transisi menuju new normal harus makin disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan

“Dengan begitu kita melindungi diri kita sendiri, melindungi keluarga kita dan melindungi orang lain,” jelasnya.

Keudian, dirinya kembali mengingatkan kepada semua jajaran gugus tugas kabupaten kota jangan lengah dan tetap siaga dalam melakukan upaya-upaya penanganan pandemi di daerah masing-masing.

“Lakukan edukasi dalam pencegahan secara masif dan lakukan penelusuran agara mata rantai bisa kita hentikan bersama-sama,” tutupnya.

Untuk diketahui, saat ini di Sultra terdapat 12 kabupaten kota masih terpapar virus Corona.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...