Dari 14 Orang Reaktif, Empat Calon Mahasiswa Baru UHO Positif Corona

397
 

Kendari, Inilahsultra.com – Empat orang calon mahasiswa baru Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dinyatakan positif corona.

Keempatnya diumumkan telah terinfeksi virus corona dalam dua hari. Pada Kamis 9 Juli 2020 ada satu orang jenis kelamin laki-laki berusia 19 tahun dari Kabupaten Buton.

- Advertisement -

Sementara tiga orang diumumkan pada hari ini, Jumat 10 Juli 2020 dengan rincian perempuan 19 tahun dari Kabupaten Buton Selatan dan dua orang laki-laki masing-masing 17 dan 19 tahun dari Kabupaten Buton.

“Jadi totalnya (calon mahasiswa baru terinfeksi virus corona) empat orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal, Jumat 10 Juli 2020.

Keempat calon mahasiswa ini diketahui terinfeksi setelah menjalani rapid test dengan hasil reaktif.

Satu pasien dari Kabupaten Buton menjalani rapid test pada 6 Juli 2020 di Auditorium UHO Kendari. Sementara tiga lainnya mengikuti rapid test pada 7 Juli 2020.

Ia menyebut, dari 4 Juli sampai 8 Juli 2020, sudah 14 calon mahasiswa baru yang dinyatakan reaktif berdasarkan rapid test. Dari 14 orang itu, empat orang dinyatakan positif corona usai menjalani tes swab PCR.

Rabiul mengaku, 14 calon mahasiswa baru yang dinyatakan reaktif itu belum semua keluar hasilnya karena masih diuji di laboratorium.

Sebelumnya, pada 4 Juli 2020, kampus UHO mulai melaksanakan rapid test kepada calon mahasiswa baru yang akan mengikuti ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Hasil rapid test non-reaktif menjadi syarat wajib bagi calon mahasiswa untuk mengikuti UTBK. Bagi mereka yang dinyatakan reaktif, maka harus menjalani karantina dan selanjutnya diuji swab PCR.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...