Tingkatkan PAD, Pemkot Kendari Tertibkan Parkir Liar

389
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal menertibkan dan melakukan penataan terhadap parkir liar.

“Kami terus melakukan pengawasan dan penertiban terhadap pengelolaan parkir liar secara menyeluruh yang ada di Kota Kendari, agar ke depannya dapat meningkatkan PAD,” kata Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Jumat 10 Juli 2020.

- Advertisement -

Parkir liar ini, kata orang nomor satu di Kota Kendari ini, telah diatur dalam peraturan daerah (Perda) Kota Kendari Nomor 4 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

“Dalam upaya memaksimalkan pegawasannya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) dengan diback up dari jajaran Polres Kendari siap melakukan penertiban di sejumlah titik dianggap lokasi parkir liar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari, Ali Aksa mengatakan, masalah parkir Wali Kota Kendari telah mengeluarkan peraturan mengenai lokasi parkir, tetapi pelaksanaannya di lapangan terkendala pada sarana dan prasarana.

“Kita sudah ada peraturan Wali Kota tentang lokasi parkir, tapi harus didukung dengan sarana dan prasarana di lapangan,” jelasnya.

Lanjut Ali Aksa menyebut, untuk menertibkan parkir liar yang ada di ibu kota Provinsi Sultra ini, pihaknya membutuhkan rambu dan marka jalan.

“Inilah yang menjadi kendala kami, sehingga parkir liar belum bisa ditertibkan secara maksimal,” ujarnya.

Untuk itu, Ali Aksa berharap ke depannya pemkot bisa memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana untuk menertibkan parkir sehingga tertata dengan baik.

Setelah sarana dan prasarana terpenuhi, lanjut Ali Aksa, pihaknya siap menertibkan tempat-tempat parkir liar atau ilegal yang masih beroperasi di Kota Lulo, seperti di Taman Kota, Pasar Basah Mal Mandoga, dan ada di sejumlah halaman pertokoan.

“Insyah-Allah kita siap tertibkan parkir liar untuk semakin tertata apabila dikelola dengan baik dan berpotensi untuk meningkatkan PAD Kota Kendari,” jelasnya.

Sebelumnya, Fraksi Demokrasi Kebangsaan Indonesia (DKI) menyampaikan kinerja Pemkot yang kurang maksimal dalam penertiban parkir liar dibeberapa pusat perbelanjaan, pertokoan, fasilitas kantor pemda dan perbankan dalam rapat paripurna DPRR membahas Raperda pertanggungjawaban APBD Tahun 2019 Pemkot Kendari belum lama ini.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...