Positif Corona, Empat Calon Mahasiswa UHO Tak Bisa Ikut UTBK SBMPTN

319
 

Kendari, Inilahsultra.com – Empat calon mahasiswa baru Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari dipastikan tidak bisa mengikuti ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) karena positif corona.

Sebelumnya, Gugus Tugas Covid-19 Sultra menyebut, ada empat calon mahasiswa UHO yang dinyatakan positif.

- Advertisement -

Wakil Rektor I UHO Kendari La Hamimu mengatakan, berdasarkan surat edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) NOMOR: 18/SE.LTMPT/2020 tentang Persyaratan Kesehatan dalam Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020, peserta yang dinyatakan reaktif tidak bisa mengikuti UTBK tahap satu mulai 5 Juli sampai 13 Juli 2020.

Kepada calon mahasiswa baru yang dinyatakan reaktif kemudian diisolasi atau karantina dan selanjutnya akan menjalani tes swab di rumah sakit.

Bila hasilnya negatif, kata dia, maka akan ikut tes tahap dua mulai 20 sampai 29 Juli. Tetapi bila hasilnya positif, maka calon mahasiswa tidak bisa mengikuti UTBK yang digelar dua tahap tersebut.

“Sudah dipastikan tidak bisa ikut UTBK baik tahap satu maupun tahap dua,” jelasnya.

Ia mengaku, sejauh ini ia belum mengetahui apakah panitia pusat mengeluarkan kebijakan baru terkait calon mahasiswa yang dinyatakan positif corona untuk bisa ikut UTBK.

Hamimu menyebut, sejak 4 Juli sampai 9 Juli 2020, sudah ada 1.894 calon mahasiswa baru yang menjalani rapid test.

Namun, Hamimu belum tahu berapa orang yang dinyatakan reaktif. Ia juga tidak mengetahui apakah empat mahasiswa yang positif ini sempat mengikuti UTBK.

“Itu nanti kita akan telusuri,” katanya.

Rencananya, UHO akan menggelar rapid test kepada calon mahasiswa baru hingga 13 Juli 2020 mendatang.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...