Bupati Busel Dorong Swasembada Pangan

414
 

Batauga, Inilahsultra.com – Bupati Buton Selatan (Busel) H La Ode Arusani berkomitmen mendorong ketahanan swasembada pangan daerah. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

Komitmen tersebut diutarakan saat orang nomor satu di Busel ini menghadiri panen raya ubi kayu milik Kelompok Tani Bente di Desa Bola dan Desa Poogalampa Kecamatan Batauga, Selasa 14 Juli 2020.

- Advertisement -

“Dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pangan lokal seperti ubi bisa menjadi makanan pokok dalam rangka menopang ketahanan pangan keluarga. Selain itu, mendukung usaha masyarakat untuk peningkatan taraf kesejahteraan hidup,” tutur Arusani.

Dalam kesempatan itu, Arusani memberikan penguatan kepada masyarakat petani di dua desa tersebut untuk terus melakukan inovasi. Hal itu penting agar hasil pertanian memiliki nilai tambah.

“Ubi ini bisa dibentuk menjadi tepung sebagai bahan dasar pembuatan roti dan bahan makanan lainnya. Ini tentu mempunyai nilai tambah bila dibanding diolah secara langsung,” ucapnya.

Ketua DPC PDIP Busel ini juga mengapresiasi inovasi masyarakat yang telah selangkah lebih maju dengan mengemas olahan ubi dengan kemasan yang dilabeli “Kaopiku” yang dikelola oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangun Sejahtera.

Ubi dengan kemasan yang dilabeli “Kaopiku” hasil buah tangan KWT binaan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan ini dinilai higienis untuk bisa dipasarkan di beberapa swalayan yang ada.

“Kita sangat bersyukur hari ini sudah bisa dipanen setelah tiga sampai empat bulan ditanam serta bisa ditumpang sari dengan tanaman lain seperti jagung, kacang tanah dan sayuran. Masyarakat juga telah memanfaatkan bantuan seperti alat parut dan alat peras yang diberikan Pemda untuk memudahkan pengolahan dan pengemasan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Busel juga menanggapi keluhan masyarakat yang disampaikan Kepala Desa Bola La Salimuna terkait tidak adanya akses jaringan telekomunikasi. Arusani pun langsung memerintahkan instansi terkait untuk sesegera mungkin berkoordinasi dengan pihak Telkomsel.

“Jaringan ini perlu kita hadirkan. Dengan begitu, masyarakat bisa memperluas pemasaran hasil olahan perkebunan melalui jejaring media sosial,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...