Mudahkan Layanan bagi Warga, Pengadilan Agama Raha Luncurkan Aplikasi Sipetir 

483
 

Raha, Inilahsultra.com– Untuk memudahkan dan meningkatkan pelayanan bagi warga, Pengadilan Agama (PA) Raha meluncurkan aplikasi Sipetir. Lewat aplikasi berbasis android tersebut warga dapat melihat berbagai informasi terkait PA Kelas III Raha.

Aplikasi Sipetir ini resmi diluncurkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama (KPTA) Sulawesi Tenggara (Sultra), Muslimin Simar bersama Ketua Pengadilan Agama Raha, Mustafa di ruang sidang Cakra I Pengadilan Agama Raha, Rabu 15 Juli 2020. Dihadiri pula, Hakim Pengawas Masykur. Serta ikut disaksikan unsur Forkopimda Muna dan Muna Barat, secara virtual baik melalui zoom meeting maupun live streaming via Facebook.

- Advertisement -

KPTA Sultra, Muslimin Simar, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PA Raha yang semakin hari semakin maju.

“Bahkan Pengadilan Agama Raha telah menjawab tantangan zaman dengan meluncurkan aplikasi yang sangat bermanfaat kepada para pencari keadilan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PA Raha, Mustafa menerangkan, Sipetir merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu PA Raha (berbasis Android).

Pengambilan nama Sipetir, jelas dia tentu bukan tanpa alasan, melainkan nama tersebut adalah cerminan komitmen dari seluruh aparatur Pengadilan Agama Raha untuk memberikan pelayanan secara cepat, tepat dan akurat layaknya petir.

Aplikasi Sipetir tersebut sangat mudah didapatkan yaitu dengan menginstall melalui playstore secara gratis. Dalam aplikasi Sipetir semua bentuk pelayanan PTSP konvensional telah masuk di dalamnya.

Screenshot tampilan aplikasi Sipetir.

Aplikasi Sipetir, tambah Mustafa sebenarnya bagaikan rumah yang memuat beberapa aplikasi dengan masing-masing keunggulannya, diantaranya, gugatan mandiri, yang memudahkan setiap orang untuk membuat gugatannya secara mandiri tanpa harus mengambil blangko di pengadilan.

Kemudian, ada informasi hitung panjar, yang memungkinkan untuk setiap pencari keadilan untuk menghitung sendiri berapa biaya yang dibutuhkan dalam beracara di Pengadilan Agama Raha. Selanjutnya, ada pula informasi Produk Pengadilan, yang berisi tentang produk akhir dari setiap perkara yang ada di Pengadilan Agama Raha.

“Lalu, ada konten Layanan Publik, yakni item yang berisi tentang jam pelayanan dan SOP pelayanan publik, sebagai bentuk keterbukaan aparatur Pengadilan Agama Raha,” ujarnya.

Warga juga bisa menggunakan layanan Live Chat, yang merupakan wadah untuk para pencari keadilan berkomunikasi secara langsung dengan petugas PTSP, sehingga apapun yang ditanyakan dan dibutuhkan oleh masyarakat pencari keadilan dapat dijawab dan disiapkan oleh admin petugas PTSP PA Raha.

Di dalam aplikasi Sipetir, disiapkan Link aplikasi. Di dalamnya telah termuat 12 link aplikasi termasuk aplikasi unggulan Dirjen Badilag yaitu aplikasi jadwal sidang, Aplikasi SIPP, Aplikasi SIWAS, Aplikasi E-Court, Aplikasi ACO, Aplikasi antrian sidang, Aplikasi basis data terpadu kemiskinan, Aplikasi Commad Center, Aplikasi e-eksaminasi, Aplikasi e-register, dan Aplikasi e-keuangan.

“Sejatinya, aplikasi Sipetir ini sebagai bentuk keseriusan Pengadilan Agama Raha dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta memenuhi amanah asas penyelenggaran kekuasaan kehakiman yaitu peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan sesuai pasal Pasal 2 ayat (4) UU No. 48 Tahun 2009,” urai Mustafa.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...