Dua Dokter dan 16 Perawat di Kolaka Terinfeksi Virus Corona

1180
 

Kendari, Inilahsultra.com – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kolaka mencatat ada penambahan 23 kasus baru di Kolaka pada hari ini, Selasa 21 Juli 2020.

Dari 23 orang itu, sebanyak 18 orang merupakan tenaga kesehatan yang terdiri dari dua dokter dan 16 perawat. Sementara sisanya adalah masyarakat.

- Advertisement -

“Kabupaten Kolaka bertambah 23 kasus positif. 16 orang tenaga kesehata (Perwata) dan doker 2 orang. Kondisi semua mereka tanpa gejala atau tidak ada keluhan,” kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kolaka, Muh Asri saat dikonfirmsi melalui via telpon.

Ia menjelaskan, setelah satu orang tenaga medis dinyatakan positif Covid, gugus tugas langsung melakukan rapid test masal kepada seluruh tenaga kesehatan puskesmas dan rumah sakit di Kolaka dan hasilnya ada yang reaktif.

“Yang reaktif itu kita temukan di Puskesmas Kolakaasi. Kemudian kita swab hasilnya positif, setelah positif kita langsung swab semua sekitar 60 orang. Ternyata hari ini 16 terkonfirmasi positif tenaga kesehatan dan dokter,” jelasnya.

Muh Asri mengaku tenaga medis dan kesehatan di Puskesmas Kolakasi ini tidak diketahui tempat tertularnya.

“Kita tidak tahu terpapar di mana. Kita temukan dia sporadis, karena pada saat di rapid test hasilnya reaktif, ketika kita swab juga hasilnya positif,” jelasnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang melakukan persiapan untuk mengkarantina yang terkonfirmasi positif.

“Ada yang sudah datang dan belum, kemungkinan besok semuanya masuk karantina,” jelasnya.

Setelah ada yang terkonfirmasi positif, Muh Asri mengatakan, Puskesmas Kolakaasi untuk sementara waktu tidak ada aktivitas pelayanan sejak 2 minggu lalu.

“Puskesmas Kolakaasi kita sudah tutup sekitar dua mingguan setelah ada yang positif,” jelasnya.

Selain di Puskesmas Kolakasi, satu kasus yang kontak erat dengan klaster Puskesmas Baula sebelumnya. Kemudian, lanjut dia, ada juga perawat rumah sakit di ruang isolasi yang merawat pasien posittif terkonfirmasi covid.

“Semua perawat di ruang isolasi kita swab juga ternyata salah satunya positif, yang kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif beberapa hari yang lalu,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya ada 6 orang tenaga medis terkonfirmasi covid, ditambah lagi hari ini 16 orang perawat dan 2 orang dokter. Total tenaga medis yang terkonfirmasi corona 24 orang.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...