Kerugian Besar Warga Bencana Banjir Konawe

521
 

Kendari, Inilahsultra.com Banjir yang menerjang Kabupaten Konawe sudah memasuki sepekan.

Warga pun menanggung kerugian akibat bencana yang datang saban tahun itu.

- Advertisement -

Saat ini, tercatat banjir terjadi di 16 kecamatan di daerah yang diampu Kery Syaiful Konggoasa itu.

Yakni, Kecamatan Pondidaha, Wangeduku, Lambuya, Tongauna Utara, Abuki, Bondoala, Puriala, Tongauna, Pandangguni, Anggaberi, Routa, Anggotoa, Kapoiala, Sampara, Amonggedo dan Wawotobi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe seperti diterima Inilahsultra.com mencatat, banjir telah menggenangi 1.450 rumah di 16 kecamatan dengan ketinggian banjir bervariasi antara satu hingga empat meter.

“Jumlah pengungsi sebanyak 4.422 jiwa,” tulis data BPBD Konawe melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Heryanto Pagala.

Daerah paling terparah yang tergenang banjir adalah Desa Laloika dan Wonua Monapa Kecamatan Pondidaha serta Desa Waworaha, Kecamatan Lambuya.

Banjir ini juga turut memutus akses jalan yang menghubungkan beberapa kecamatan. Yakni, di Desa Aleuti, Kecamatan Padangguni dan Desa Lalomerui, Kecamatan Routa. Kedua daerah ini dinyatakan terisolir akibat bencana ini.

Banjir juga turut membuat 10 unit masjid, 52 pura dan enam sekolah dasar turut tergenang dan tidak berfungsi. Selain itu, ada empat unit sekolah menengah pertama (SMP) turut tergenang termasuk 17.800 lahan pertanian dan perikanan tenggelam.

Banjir di Kabupaten Konawe ini diakibatkan meluapnya sungai Konaweeha dan Sungai Lahambuti akibat curah hujan yang sangat tinggi.

Penulis : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...