Bawaslu Wakatobi Tangani 33 Kasus Pelanggaran ASN

447
 

Wakatobi, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wakatobi memeriksa 33 kasus dugaan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) selama tahapan Pilkada.

Salah satu kasus yang ditangani adalah pelanggaran yang diduga dilakukan guru SMAN 2 Wangiwangi.

- Advertisement -

Ketua Bawaslu Wakatobi LM Arifin merinci, pemeriksaan terhadap 33 laporan dugaan pelanggaran netralitas ASN tersebut diantaranya, Plt Kepala Desa Wapiapia, Camat Tomia Timur, dan AH (Guru), dan LK (Guru SMU).

“Panwaslu Kecamatan Wangiwangi Selatan, mereka menemukan aktivitas AH di media sosial kemudian di laporkan ke Bawaslu. Itu yang kita proses. Kita belum bisa publikasi tentang hasil karena tindak lanjut dari proses itu adalah rekomendasi,” ungkap LM Arifin, Kamis 23 Juli 2020.

Menurut dia, dari 33 berkas, sebanyak 31 berkas telah dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sedangkan dua berkas masih tahap pemeriksaan Bawaslu Wakatobi.

Dari berkas yang dikirim, ada 29 berkas yang sudah selesai diputus oleh KASN.

“Rata-rata hanya pelanggaran netralitas ASN saja, karena sekarang kan belum masuk tahapan kampanye, belum ada calon,” jelas Arifin.

Arifin menjelaskan, selama tahapan Pilkada berlangsung, Bawaslu Wakatobi intens melakukan pengawasan, termasuk mengawasi aktivitas ASN di media sosial.

Pengawasan ini melibatkan seluruh struktur Bawaslu hingga tingkat desa/kelurahan. Meski begitu, Arifin meminta partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi aktifitas ASN. Termasuk kepala desa dan perangkatnya.

“Untuk warga yang mendapatkan laporan atau menemukan adanya pelanggaran netralitas di wilayahnya, bisa melapor ke struktur terdekat yaitu Panwaslu tingkat desa atau kelurahan atau langsung ke Kecamatan atau bisa langsung ke Bawaslu kabupaten,” ujarnya.

Namun, laporan yang dimasukan, lanjut Arifin, melampirkan bukti awal seperti dokumentasi, waktu kejadian, dan saksi.

“Berkasnya dilampirkan pada saat melapor,” tutupnya.

Reporter: La Ode Samsuddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...