Rumah Sakit Tipe C Busel Mulai Dibangun

327
 

Batauga, Inilahsultra.com – Akselerasi pembangunan daerah terus diwujudkan Bupati Buton Selatan (Busel), H La Ode Arusani. Terutama dalam hal kebutuhan dasar masyarakat yakni di bidang kesehatan.

Rumah sakit dengan fasilitas yang mumpuni mulai dibangun. Hal itu ditandai dengan peletakkan batu pertama yang dilakukan langsung oleh Bupati Busel H La Ode Arusani, Jumat 24 Juli 2020.

- Advertisement -

Rumah sakit tipe C yang terletak di Kelurahan Bandar Batauga Kecamatan Batauga ini pembangunannya direncanakan rampung pada Juni 2021.

Rumah sakit diupayakan sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum pada awal tahun 2022.

Sarana dan prasarana kesehatan ini dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektar. Pembangunan menggunakan dana pinjaman daerah dan DAK bidang kesehatan senilai Rp 85 miliar.

Rumah sakit tipe C adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran subspesialis terbatas. Rumah sakit tipe C memiliki pelayanan untuk penyakit dalam, bedah, kesehatan anak, serta kebidanan atau kandungan.

Bupati Busel H La Ode Arusani bersyukur atas pembangunan rumah sakit tipe C ini. Pembangunan tersebut diakui penuh dengan liku-liku.

“Alhamdulillah hari ini kita meletakkan batu pertama. Alhamdulillah juga kita dapat tempat strategis untuk pembangunan, semoga Allah bersama kita,” ucap Arusani dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, pembangunan rumah sakit ini hampir dipindahkan. Namun ada masyarakat yang benar-benar memikirkan keluarga betapa kehadiran rumah sakit ini akan memudahkan pelayanan.

“Yang lebih membanggakan lagi, masyarakat menghibahkan tanahnya tanpa dibayar. Inilah bukti pembangunan, mari semua kita bergerak bersama membangun daerah ini,” jelasnya.

Tak lupa, orang nomor satu di Busel ini mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersama membangun daerah. Hempaskan pikiran negatif demi pembangunan daerah.

“Ini saya ingatkan dengan tegas kepada ASN, mari bekerjasama. Daerah kita ini baru lahir kemarin, tapi capaian kita sudah setara dengan daerah lain. Satu dua hari ini kita akan bangun pelabuhan, kita akan pakai kendaraan sendiri, jadi tolong mari kita sama-sama bangun daerah ini,” pintanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Busel, dr. Frederick T. Allo, Sp.B menambahkan, RSUD Busel telah ditunjang tenaga Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. Diantaranya dokter spesialis lima orang, dokter umum delapan orang, dan tenaga kesehatan yang lain berupa bidan, perawatan, analis, dan tenaga lainnya.

Frederick merinci, rumah sakit ini dibangun dengan anggaran Rp 85 miliar. Anggaran bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 15 miliar dan pinjaman daerah senilai Rp 70 miliar.

Kata dia, RSUD Busel ini direncanakan dibangun sebanyak 30 unit. Dibagi dalam empat zona, masing-masing zona publik, semi publik, privat dan zona servis.

“Dibelakang juga akan dibangun bangunan dokter spesialis dan perawat,” katanya.

Saat ini pelayanan pasien dengan kelas tipe D. Dengan terbangunnya rumah sakit tipe C ini maka akan berimbas pada implikasi pelayanan yang akan lebih profesional.

“Direncanakan RSUD nanti masuk klasifikasi tipe C dengan fasilitas lengkap setara tipe C,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...