Pergantian BLUD Harum Jadi Perumda Masih Dalam Kajian

288
 

Kendari, Inilahsultra.com – Wacana Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari untuk mengubah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Harum menjadi Perumda masih dalam kajian.

“Pergantian nama BLUD menjadi Perumda Itu belum kita putuskan, karena saat ini masih dalam tahap evaluasi dan pengkajian,” kata Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Senin 27 Juli 2020.

- Advertisement -

Alasan wacana perubahan BLUD menjadi Perumda, kata Sulkarnain, secara kelembagaan BLUD khususnya kredit mikro butuh penguatan baik sisi kelembagaan struktural maupun payung hukumnya.

Menurut dia, BLUD harus dibenahi dulu kelembagaannya termasuk rekrutmen pengelolannya harus distandarisasi karena sebelumnya pengelolaan BLUD masih campur antara ASN dan bukan ASN.

“Supaya bisa lebih berkembang dan melayani masyarakat nanti, karena kita tidak ingin nanti lembaga ini justru menjadi pengelolaan keuangannya nanti sulit dipertanggungjawakan secara hukum,” jelasnya.

Untuk itu, kata Sulkarnain, ke depan kalau nanti BLUD berganti jadi Perumda harus betul-betul ada standarisasi pengelolaannya.

“Ke depan kita standarisasi supaya pengelolaannya nanti betul-betul memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan sebuah lembaga keuangan,” jelasnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...