Tarif Air Bersih PDAM Kendari Tertinggi Kedua se-Indonesia

619
 

Kendari, Inilahsultra.com – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyebut tarif air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Anoa Kendari tertinggi kedua se-Indonesia.

“Tarif dasar air bersih PDAM Tirta Anoa Kendari termahal kedua di Indonesia. Yang pasti, tarif tertinggi kedua di Indonesia dengan nilai cukup tinggi berada pada Rp 6.500 per meter kubik (1.000 liter),” kata Sulkarnain Kadir saat ditemui di Kantor DPRD Kota Kendari, Senin 27 Juli 2020.

- Advertisement -

Orang nomor satu di Kota Kendari menjelaskan, setelah melakukam review bersama Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPP SPAM) terhadap Feasibility Study (FS) rencana pengembangan PDAM Tirta Anoa Kendari yang akan dijalankan ke depan melalui skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha.

Lanjut Sulkarnain, jika ada investor yang berani berinvestasi dengan PDAM Tirta Anoa Kendari, maka ke depannya tarif air bersih akan ditinjau ulang dan dilakukan koreksi.

“Seiring berjalannya investasi, tarif PDAM kita akan tinjau kembali dan ada potensi kita turunkan tarifnya. Kita minta investor untuk menyepakti terkait penurunan tarif air bersih agar masyarakat bisa terlayani dengan baik,” jelasnya.

Saat ini, kata Sulkarnain, Pemkot Kendari sedang serius mencari solusi terkait masalah PDAM yang sedang “sakit”. Penanganan PDAM, lanjut dia, tidak sederhana dan butuh biaya yang tidak kecil.

“Ini masaah PDAM yang sudah lama berlarut-larur belum terselesaikan. Maka jalan keluarnya mencari kerjasama dengan pihak ketiga,” jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini yang berminat ada tiga investor yang nantinya bakal diseleksi dan diputuskan dalam lelang terbuka. Salah satunya yang sudah dalam proses Feasibility Study PT. Adhi Karya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...