Uang BLUD di Bank Sultra Rp2,8 Miliar Tetap Disalurkan

275
 

Kendari, Inilahsultra.com Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari belum menyalurkan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Harum Kendari yang tersimpan di Bank Sultra senilai Rp2,8 miliar.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, saat ini dana BLUD Harum Rp2,8 miliar di Bank Sultra belum bisa dicairkan, karena saat ini pemerintah sementara berupaya untuk merampungkan dan melakukan kajian pergantian nama BLUD Harum jadi Perumda.

- Advertisement -

Kalaupun nanti Perumda yang mengambil alih seluruh kegiatan BLUD Harum, lanjut Sulkarnain, dana yang tersimpang di Bank Sultra tetap disalurkan untuk menghidupkan kembali usaha kredir mikro di masyarakat.

“Dana Rp 2,8 miliar di Bank Sultra untuk penggunaannya nanti kita dilihat, kalau nanti dianggap kurang kita akan tambahkan untuk memenuhi usaha kredir mikro di Kota Kendari,” kata Sulkarnain Kadir di Kantor DPRD Kota Kendari, Senin 27 Juli 2020.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini menegaskan, permintaan beberapa pengurus BLUD untuk mencairkan dana yang di Bank Sultra untuk menghidupkan kembali usaha mikro di lembaga tersebut.

“Kita tetap sahuti permintaan mereka uang BLUD di Bank Sultra disalurkan,
tapi kita kuatkan dulu kelebagaannya,” katanya.

Kata Sulkarnan, secara kelembagaan BLUD khususnya kredit mikro butuh penguatan baik sisi kelembagaan strukturnya maupun payung hukum termasuk rekrutmen pengelolannya harus distandarisasi, karena kemarin pengelolaan BLUD masih campur antara ASN dan bukan ASN.

“Supaya bisa lebih berkembang dan melayani masyarakat nanti, karena kita tidak ingin nanti lembaga ini justru menjadi pengelolaan keuangannya nanti sulit dipertanggungjawakan secara hukum,” jelasnya.

Untuk itu, kata Sulkarnain, ke depan kalau nanti BLUD berganti jadi Perumda harus betul-betul ada standarisasi pengelolaannya.

“Ke depan kita standarisasi supaya pengelolaannya nanti betul-betul memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan sebuah lembaga keuangan,” jelasnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...