Usaha Burung Walet Dikenakan Pajak 10 Persen, Pemkot Kendari Lakukan Sosialisasi

1118
 

Kendari, Inilahsultra.com – Bisnis burung walet di Kota Kendari kian menjamur. Bisnis macam ini merupakan peluang usaha sangat menggiurkan karena memberikan keuntungan berlipat-lipat kepada pelaku usaha.

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai melirik usaha burung walet sebagai salah satu potensi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pajak.

- Advertisement -

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Kendari, Sri Yusnita mengatakan, setiap kali panen pengusaha burung walet akan dikenakan pajak sebesar 10 persen.

Hal ini, kata dia, telah diatur dalam
Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan Keempat atas Perda Kota Kendari Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah, salah satunya tertuang pajak sarang burung walet.

Untuk itu, lanjut dia, saat ini Bapenda Kota Kendari mulai turun ke lapangan melakukan sosialisasi ketiga kalinya bagi para pelaku usah walet Kota di Kendari usai Perda ditetapkan tahun 2019 lalu.

“Perdanya sudah ada. Pemkot sudah berkewajiban melakukan penagihan, tapi sebelum kita melakukan menagihan terlebih dulu kita sosialisasikan kepada semua pelaku usaha burung walet,” kata Sri Yusnita, Selasa 28 Juli 2020.

Mantan Kadis PTSP Kota Kendari ini mengaku, pihaknya belum melakukan penarikan pajak burung walet, karena saat ini masih dalam proses penerbitan surat tagihan.

“Kemarin sudah kita kumpulkan memberikan edukasi agar lebih paham karena ini terkait pajak, yang dikenakan pajak usahanya, bukan petani walet. Pajak itu ada ketika ada penjualan, penghasilan yang diterima pengusaha walet ada hak negara sebesar 10 persen,” jelasnya.

Ia menyebut, berdasarkan data Bapenda didapatkan di masyarakat, sekitar 120 usaha burung walet yang ada di ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Berdasarkan data kami dapatkan di lalangan ada sekitar 120 usaha burung walet yang tersebar di Kota Kendari,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...