Pasar Desa Lakapera Buteng Dibangun Menggunakan Anggaran Rp 1,2 Miliar

681
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Pembangunan Pasar Desa Lakapera Kecamatan Gu Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menghabiskan anggaran senilai Rp 1,2 Miliar. Bangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 itu resmi difungsikan.

Bupati Buteng Samahuddin mengatakan, pembangunan Pasar Lakapera itu merupakan salah satu pembangunan selama tiga tahun kepemimpinannya.

- Advertisement -

“Dalam tiga tahun ini, kita sudah banyak membangun pasar. Semoga dengan adanya pasar ini dapat membuka pintu rezeki bagi masyarakat,” kata Samahuddin saat meresmikan pasar tersebut, Rabu 29 Juli 2020.

Orang nomor satu di Buteng ini berjanji, akan menambah bangunan pasar bila perkembangan perekonomian masyarakat tumbuh ke arah yang lebih baik.

“Kalau maju maka akan saya tambah lagi, tapi kita lihat dulu pergerakan ekonominya,” tuturnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Buteng ini menilai, Pasar Lakapera merupakan pasar penyangga yang berbatasan langsung antara Kabupaten Buteng dan Kabupaten Muna. Sehingga pasar ini diharap membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

Dia menuturkan, pasar ini dibuka pagi hari pada tiap Senin. Namun pada sore dibuka tiap hari.

“Nah, kalau perputaran uang bagus maka tambah menjadi tiga kali seminggu. Apalagi kita ini adalah pasar penyangga,” tuturnya.

Samahuddin berpesan kepada masyarakat untuk menjaga bersama kebersihan pasar. Sehingga semua pedagang dan masyarakat sebagai pembeli dapat bertransaksi dengan nyaman.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Buteng, Usman B mengatakan, sumber dana pembangunan pasar ini dari DAK tahun 2019.

“Sebenarnya cikal bakal pembangunan pasar ini adalah perjuangan mantan Kadis Perindag Buteng, pak Asraruddin yang kini menjabat Asisten III. Pembangunan dirintis pada 2018 lalu dan Alhamdulillah sudah berdiri hari ini,” tuturnya.

Kata dia, pasar ini terdiri dari 16 kios dan 16 lods. Sehingga dengan jumlah tersebut diharap bisa menggerakkan perekonomian masyarakat. Apalagi pasar tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Muna yang menjadi sentra pertumbuhan ekonomi baru.

“Ini juga tak lepas dari upaya Bupati dan Wakil Bupati Buteng untuk menghadirkan pembangunan di daerah. Berkat kerja keras, doa dan pemikiran dari beliau sehingga pembangunan ini terwujud,” jelasnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...