Masa Reses Wa Ode Rabia Temui Korban Banjir di Konawe dan Konawe Utara

470
 

Kendari, Inilahsultra.com – Di masa reses, anggota DPD RI, Wa Ode Rabia Aladawia Ridwan mengunjungi beberapa lokasi titik Banjir di kabupaten Konawe dan Konawe Utara.

Dalam kunjunganya senator asal Sultra yang akrab disapa Rabia ini juga membawa bantuan sembako berupa beras dan mie instan untuk warga yang terdampak banjir.

- Advertisement -

Di Kabupaten Konawe, Rabia menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada Camat Wonggeduku Masruddin yang disaksikan langsung oleh dua kepala desa yakni Kades Dawi Dawi Lidyawati dan Kades Langgonawe Amrin.

Sebelum penyerahan bantuan, di Balai Desa Dawi Dawi, Anggota Komite II DPD RI ini menyempatkan diri untuk berdialog langsung dengan masyarakat yang terdampak banjir.

“Keluhan warga mengenai banjir ini akan menjadi fokus saya. Ini akan saya laporkan dan mengkomunikasikan dengan kementrian terkait agar beban daerah dapat sedikit terbantu dengan hadirnya pemerintah pusat dalam penyelesaian masalah banjir ini. Dan harapan saya semoga banjir tahunan ini cepat teratasi,” kata Rabia dalam keterangan tertulisnya, Jumat 7 Agustus 2020.

Setelah berdialog dengan warga di Dawi Dawi, senator Muda asal Sultra ini kemudian melanjutkan perjalanan untuk menemui warga yang terdampak banjir di tiga Desa di Kecamatan Ponidaha yaitu Desa Sulemandara, Desa Lalokia dan Desa Ambulanu.

Kali ini pertemuanya dilaksanakan di pelataran rumah kepala desa yang sudah dipersiapkan. Warga di tiga desa tersebut berkumpul dan menyampaikan aspirasinya kepada Wa Ode Rabia.

Usai berdialog, Wa Ode Rabia kemudian menyerahkan langsung paket sembako secara simbolis kepada kepala desa masing-masing yang disaksikan langsung oleh Camat Ponidaha Dewi Saranani.

Di Kabupaten Konawe Utara, Wa Ode Rabia disambut oleh Bupati Konut Ruksamin. Dalam sambutannya Ruksamin mengapresiasi kunjungan Rabia di Kabupaten Konawe Utara.

Menurutnya, Wa Ode Rabia adalah satu satunya anggota DPD RI yang mau menyempatkan diri untuk berkunjung dan melihat langsung banjir dan kondisi warga yang terdampak.

“Beliau (Rabia) satu-satunya anggota DPD-RI yang menyempatkan diri untuk melihat dan menyapa korban banjir. Beliau masih muda tentunya memiliki semangat dan masa depan politik yang masih sangat panjang,” Kata Ruksamin.

Untuk itu Bupati konawe Utara Mengucapkan terimakasih atas kunjungan tersebut, dan mengharapkan Rabia dapat memperjuangkan kepentingan Masyarakat Konut dan Sulawesi Tenggara di DPD-RI.

Wa Ode Rabia dalam sambutannya mengaku, di masa reses kali ini fokus dengan persoalan banjir di Konawe dan Konawe Utara. Ini masalah tahunan yang dihadapi warga.

Setidaknya, lanjut dia, dirinya dapat melihat secara langsung apa yang terjadi sekaligus ingin mengetahui apa saja persoalan yang dihadapi untuk segera dilaporkan dan mengkomunikasikan dengan pihak terkait di Jakarta.

Wa Ode Rabia Juga mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Bupati Konut Ruksamin.

Usai berdialog dengan Bupati Konawe Utara di Desa Wawolesea Kecamatan Lasolo, Rabia bersama Sekda Konut Martaya, Kadis Sosial Kabupaten Konawe Utara, pejabat esolon III di Pemda Konawe Utara serta Camat Asera dan Anggota DPRD Konawe Utara dari Partai Golkar Safrin meninjau lokasi hunian sementara (Huntara) korban banjir di Desa Wanggudu Raya.

Di desa tersebut Rabia juga membagikan paket sembako berupa beras dan mie instan.

Setelah berdialog dan membagikan sembako Rabia kemudian Meninjau desa Puuwanggudu dan Desa Tapuwatu Kecamatan Asera.

Kedua desa tersebut merupakan desa paling terdampak banjir dua tahun ini 2019-2020. Desa Tapuwatu sudah tidak berpenghuni karena sebagian besar rumah masyarakat habis terseret banjir tahun 2019 yang lalu.

Penulis : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...