KPU Konkep Serahkan Sertifikat Pemantau kepada KIPP

348
 

Konkep, Inilahsultra.com – Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) resmi menerimah Sertifikat Pemantau oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 desember mendatang.

Ketua KPU Konkep, Iskandar mengungkapkan, kehadiran lembaga pemantau pemilihan ini bertujuan untuk memantau proses pelaksanaan tahapan Pilkada baik yang dari tugas KPU, Bawaslu, partai politik dan bakal calon bupati dan wakil bupati.

- Advertisement -

“Saya berharap dengan terakreditasinya KIPP bisa memberikan efek positif dalam rangka meningkatkan kualitas Pilkada di Konawe Kepulauan,” Tutur Iskandar, minggu 9 agustus 2020.

Saat ini, lanjut Iskandar, lembaga pemantau Pemilu yang baru terakreditasi adalah KIPP. Namun ke depan lembaga pemantau Pemilu Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) juga akan diberikan sertifikat pemantau.

“Yang akan menyusul lagi JPPR karena beberapa hari yang lalu mereka datang ke kantor untuk menyampaikan secara lisan,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KIPP Konkep, Hamka mengatakan, dengan terakreditasinya KIPP sebagai lembaga pemantau pada Pilkada Konkep ini, menjadikan aktifitas kami lebih legal.

“Karena tujuan dari pemberian akreditas adalah melegitimasi legalitas aktivitas pemantauan lembaga KIPP Konkep,” kata Hamka.

Hamka berharap, KPU Konkep bisa melibatkan KIPP dalam hal sosialisasi pendidikan politik terhadap masyarakat.

“Karena KIPP tidak fokus pada pemantauan saja, tetapi memiliki peran memberikan edukasi politik sehingga tercipta pilkada yang lebih demokratis, jujur dan adil,” harapnya.

Penyerahan akreditasi pemantau tersebut bertempat di Kantor KPU Konkep dan disaksikan langsung oleh ketua KIPP Sultra, Muhammad Nasir.

Penulis : Sadaruddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...