Anggota DPRD Buteng Positif Corona Dinyatakan Sembuh

614
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Tujuh anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang terkonfirmasi positif Corona atau covid-19, telah dinyatakan sembuh setelah menyelesaikan masa karantina. Saat ini tinggal menunggu surat keterangan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng Kasman mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng saat ini telah menerapkan Petunjuk Tekhnis (Juknis) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Versi/Revisi 5 yang juga mengatur tentang kriteria pasien sembuh.

- Advertisement -

Hal itu termuat dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang disahkan pada 13 Juli 2020, terdapat beberapa perubahan ketentuan.

Salah satunya terkait evaluasi akhir status klinis pasien Covid-19. Pada orang tanpa gejala (OTG) tak perlu dilakukan follow-up tes reaksi rantai polimerase (PCR).

Pasien dinyatakan selesai isolasi setelah isolasi mandiri selama 10 hari sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi. Pada pasien Covid-19 bergejala ringan dan sedang pun tak perlu follow-up tes PCR.

Pasien dinyatakan selesai isolasi setelah 10 hari isolasi sejak tanggal onset (awal gejala) ditambah 3 hari setelah tak menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan.

“Sudah dinyatakan sembuh dengan keterangan dokter yang ada, sesuai revisi lima, karena semua tanpa gejala,” terangnya, Selasa 11 Agustus 2020.

Sebelumnya, kasus terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Buteng bertambah delapan orang. Berdasarkan hasil test polymerase chain reaction (PCR), tujuh penambahan baru itu merupakan anggota DPRD Buteng.

Tujuh penambahan kasus baru itu terdiri dari Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) tiga orang, Mawasangka satu orang, GU satu orang, Lakudo satu orang, dan Kecamatan Sangia Wambulu satu orang.

“Seluruh pasien terkonfirmasi positif Covid-19 rata-rata tanpa gejala semua. Melihat dari revisi 5, anggota DPRD Buteng sudah memenuhi kriteria tersebut dan telah diberikan surat keterangan sembuh dari dokter,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...