Lebihi Target Sensus, Pemkot Baubau Raih Penghargaan dari BPS RI

699
Wali Kota BaubaubAS Tamrin saat menerima penghargaan dari BPS RI yang diserahkan Kepala BPS Baubau Sudirman K

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau menerima penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI atas prestasi sebagai kota dengan capaian (respone rate) yang melebihi target dalam pelaksanaan sensus penduduk online.

Proses serah terima penghargaan ini berlangsung di Rujab Wali Kota Baubau yang diserahkan oleh Kepala BPS Baubau Sudirman K kepada Wali Kota Baubau, AS Tamrin, Selasa 11 Agustus 2020.

- Advertisement -

Menerima penghargaan tersebut, Wali Kota Baubau AS Tamrin mengapresiasi kinerja BPS.

Menurutnya, meski daerah saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19, namun BPS tetap bekerja optimal menuntaskan tugasnya.

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga. Olehnya itu, saya imbau masyarakat agar memberikan dukungan berupa informasi yang akurat kepada petugas sensus,” ucap AS Tamrin usai menerima piagam penghargaan.

Sementara itu, Kepala BPS Baubau Sudirman K menuturkan, penghargaan tersebut merupakan apresiasi BPS karena Pemkot Baubau mempunyai andil besar dalam menyukseskan sensus penduduk online.

Kata dia, sejak dilaksanakan mulai Februari sampai Mei 2020, animo masyarakat untuk melakukan sensus online ini sangat tinggi. Bahkan, angka partisipasi penduduk melebihi target.

“Jadi pencapaian sensus di Baubau ini melebihi target yakni sebesar 48 persen. Angka ini lebih tinggi dibanding di daerah lain yang hanya mencapai 20-24 persen. Ini semua berkat dukungan Pemkot Baubau dalam hal ini Wali Kota,” ujarnya.

Untuk sisanya, tambah Sudirman, pihaknya akan menuntaskan dengan melakukan sensus penduduk secara offline yakni dari rumah ke rumah. Sudirman mengaku, belum mengetahui pasti total jumlah penduduk Kota Baubau.

Namun menurutnya, masih ada sekira 52 persen sisa penduduk belum berpartisipasi dalam sensus secara online.

“Saat ini kita tengah merekrut 125 petugas sensus. Mereka ini yang akan jalan dari rumah ke rumah, tentu dilengkapi dengan APD sesuai protokol Covid-19. Alhamdulillah, Wali Kota juga sudah menandatangani dukungan sensus offline ini,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...