Alur Pemeriksaan Tes Kesehatan Calon Kepala Daerah

605
 

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan alur dan standar pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah yang akan maju pada pemilihan serentak Desember 2020.

Sebelum itu, KPU berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, BNN Sultra, HIMPSI Sultra dan RSU Bahteramas untuk menyusun standar pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika dan standar kemampuan secara jasmani dan rohani, yang ditetapkan dengan Keputusan KPU.

- Advertisement -

“Kemudian, KPU menyampaikan standar pemeriksaan kepada KPU kabupaten/kota,” kata Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir dalam keterangan tertulisnya.

Setelah itu, KPU Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan pengurus IDI, BNN, dan HIMPSI tingkat daerah untuk membentuk tim pemeriksa kesehatan yang terdiri atas dokter, ahli psikologi, dan pemeriksa bebas penyalahgunaan narkotika.

“Tim pemeriksa terdiri atas ketua, yang dipilih dari anggota tim dan anggota,” imbuhnya.

Kemudian, KPU Kabupaten/Kota menyampaikan standar pemeriksaan dari tim pemeriksa kepada pimpinan parpol yang mengusulkan bakal calon.

Selanjutnya, KPU kabupaten/kota menetapkan RS di daerah berdasarkan rekomendasi IDI dengan keputusan KPU kabupaten/kota.

“KPU Kabupaten/Kota menyampaikan nama rumah sakit pemerintah yang ditunjuk  kepada parpol pengusung calon,” imbuhnya.

Tim pemeriksa kesehatan menggelar pleno menetapkan kesimpulan yang menyatakan calon mampu atau tidak mampu secara jasmani dan rohani, dan positif atau negatif menyalahgunakan narkotika, yang ditandatangani oleh ketua tim pemeriksa kesehatan.

Tim pemeriksa kesehatan menyampaikan kesimpulan dengan dilampiri seluruh hasil pemeriksaan kesehatan calon kepada KPU Kabupaten/Kota, sebagai pemenuhan kelengkapan persyaratan calon.

“Kesimpulan dan seluruh hasil pemeriksaan kesehatan bersifat final dan tidak dapat dilakukan pemeriksaan pembanding,” pungkasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...