DPRD Akui Bupati Mubar Sudah Ajukan Pengunduran Diri

814
 

Laworo, Inilahsultra-com– Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada, dikabarkan telah mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya ke Kantor Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mubar.

Pengunduran orang nomor satu di Mubar itu, disinyalir sebagai syarat pencalonan dirinya mengikuti Pilkada Muna 9 Desember 2020 mendatang.

- Advertisement -

Kabar diajukannya surat pengunduran Rajiun itu dibenarkan oleh Wakil Ketua I DPRD Mubar, Uking Djasa. Dia mengatakan, surat pengajuan pengunduran diri Bupati Mubar sudah diparipurnakan dan diumumkan di kantor DPRD setempat, Selasa, 18 Agustus 2020.

“Iya. Sudah diparipurnakan kemarin. Pengunduran diri itu diumumkan dirapat paripurna,” Kata Uking saat dihubungi, Rabu, 19 Agustus 2020.

Uking mengungkapkan, berdasarkan hasil paripurna yang dihasilkan, selanjutnya akan ditindak lanjuti di Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) melalui Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Mungkin suratnya kemarin sudah disampaikan bahwa DPRD sudah mengumumkan. Selanjutnya endingnya di Kemendagri, tentu ada proses untuk mendapatkan ketetapan pengunduran diri. Nanti persoalan suratnya dari gubernur pertanyakan saja pada sekertariat (Sekwan),” tuturnya.

Dijelaskannya, terkait dengan pemberhentian seorang kepala daerah, dalam Undang-undang pemerintah daerah dikatakan bahwa baik Gubernur / Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, maupun Walikota/Wakil Walikota berhenti dalam jabatanya itu dikarenakan ada tiga hal yaitu meninggal dunia, mengundurkan diri dan diberhentikan.

“Meninggal dunia persoalan yang maha kuasa, diberhentikan ada masalah – masalah diluar kemampuan dia dan mengundurkan diri yah keinginan beliau. Bahwa kemunduran beliau untuk kepentingan Pilkada yah kepada beliau lah menanyakan itu. Tapi faktanya memang begitu,” jelas Uking.

Hal senada diungkapkan juga Wakil Ketua II DPRD Mubar Agung Darma. Politisi Demokrat itu membenarkan terkait dengan surat pengajuan Pengunduran diri Bupati Mubar LM Rajiun Tumada.

“Betul. Tahapanya memang begitu, harus disampaikan memang ke pimpinan DPRD untuk diparipurnakan dan diumumkan. Kita sudah rapat pimpinan kemarin, kita tindak lanjuti itu surat pengunduran bupati. Setelah itu kita umumkan bahwa Bupati Mubar LM Rajiun mengundurkan diri,” jelasnya.

Untuk di DPRD Mubar, kata dia, Rajiun sudah diproses apa yang menjadi keinginannya untuk mengundurkan diri dalam jabatanya. Selanjutnya, surat pengajuan Pengunduran diri itu akan ditindak lanjuti di Kemendagri melalui Gubernur Sultra.

Anggota DPRD Mubar lainnya, Rahman menambahkan, Bahwa Surat pengajuan Pengunduran diri dan sehubungan dengan surat yang masuk nomor : 88 / 515 sudah diparipurnakan.

“Untuk menindak lanjuti surat itu kemarin kita di undang dan kemarin juga langsung diparipurnakan dan diumumkan,” pungkasnya.

Reporter : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...