Ali Mardan Desak Pemkab Buteng Transparan Dana Covid

748
Ali Mardan

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ali Mardan meminta Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) agar transparan dalam mengunakan anggaran Covid-19.

“Anggaran Covid yang digunakan oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten Buteng sebaiknya disampaikan kepada publik, masyarakat Buteng berhak dalam mengaksesnya,” tutur Ali Mardan saat ditemui di kediamannya, Sabtu 22 Agustus 2020.

- Advertisement -

Pria yang akrab disapa Rull ini melanjutkan bahwa total anggaran penanganan Covid di Buteng sebesar Rp13 miliar bukan jumlah sedikit.

“Ironisnya, informasi yang saya peroleh sering keterbatasan APD dan rapid test, apakah kurang atau malah belum dibelanjakan? Kalau memang dibelanjakan, sudah berapa kali rapid test digunakan dan berapa banyak alat tersebut, kemudian sisanya berapa? Item-item ini yang mesti disampaikan kepada publik,” tegasnya.

Berdasarkan Surat Edaran Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 3 Tahun 2020 dan Inpres Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran Serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Wabah Covid-19, beberapa daerah pun melakukan realokasi anggaran terkait penanggulangan dan penangganan Covid-19 termasuk di Kabupaten Buton Tengah sendiri.

“Anggaran yang sedemikian besar itu harus diawasi oleh penegak hukum. Di lain sisi dalam penyaluran bantuan juga banyak yang tidak tepat sasaran dan penerimanya ganda sehingga memicu pro-kontra di masyarakat,” beber Ali Mardan.

Untuk itu secara prinsip DPRD Buteng melalui fungsi pengawasannya harus secepatnya membentuk Pansus dalam mengawal anggaran Covid dan penyaluran bantuannya.

“Saya berharap secepatnya pemda Buteng dapat mempublikasi anggaran yang sudah digunakan, dibelanjakan untuk apa saja dan dioperasionalkan untuk apa saja, sehingga masyarakat Buteng tidak berprasangka yang negatif,” harapnya.

Penulis : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...