Sapa Masyarakat Saat Hari Libur, Arusani Beri Bantuan Bibit Bawang Hingga Mobil

286
 

Batauga, Inilahsultra.com – Bupati Buton Selatan (Busel) H La Ode Arusani menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Kecamatan Lapandewa, Minggu 23 Agustus 2020.

Bantuan yang diberikan berupa bibit bawang merah, bantuan jumbo pada kelompok Kube hingga menyerahkan bantuan mobil kesehatan desa.

- Advertisement -

Selain itu, Arusani juga mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) empat desa di Kecamatan Lapandewa.

Kegiatan Ketua DPC PDIP Busel di Lapandewa ini, adalah upaya untuk menghadirkan pelayanan dan menggenjot perekonomian masyarakat serta merangkul seluruh elemen untuk bersama membangun daerah.

Arusani menjelaskan, bantuan mobil kesehatan tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) Gaya Baru Kecamatan Lapandewa. Mobil kesehatan bermerk Suzuki Ertiga itu diperuntukan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan cepat dan efisien.

Sementara itu, untuk bantuan bibit bawang merah diperuntukkan kepada kelompok tani di Kecamatan Lapandewa. Bantuan bawang merah ini bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2020.

Selain diberikan kepada kelompok tani di Kecamatan Lapandewa, sebanyak 41.850 kilogram dengan luas lahan 62 hektar, juga dibagikan kepada kelompok tani di Kecamatan Batauga sebanyak 22.275 kilogram dengan luas lahan 33 hektar dan Kecamatan Sampolawa sebanyak 3.375 kilogram dengan luas lahan 5 hektar.

Khusus di Kecamatan Lapandewa, terdapat 9 kelompok tani yang mendapatkan bantuan bibit ini. Sembilan kelompok tani ini tersebar di tujuh desa yang ada di Lapandewa.

Masing-masing, Desa Lapandewa Kaindea mendapat 4.725 kilogram dengan luas lahan 7 hektar, Desa Lapandewa 6.750 kilogram dengan lahan 10 hektar, Desa Lapandewa Jaya 6.750 kilogran dengan lahan 10 hektar, Desa Burangasi mendapat 8.775 kilogram dengan luas lahan 13 hektar.

Selanjutnya Desa Burangasi Rumbia mendapat 8.100 kilogram dengan luas lahan 12 hektar, Desa Gaya Baru 2.025 kilogram dengan luas lahan 3 hektar dan terakhir Desa Lapandewa Makmur 4.725 dengan luas lahan 7 hektar.

Sebelumnya di hari yang sama, Bupati Busel berkunjung ke Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Wucu Desa Lapandewa Jaya untuk meletakkan batu Pertama Pembangunan Musholah. Disitu, Bupati menyerahkan Jaminan Hidup (Jadup) kepada 33 KK, 132 jiwa berupa beras super 25 kg, indomie 1 dos, 1 kg minyak goreng, 3 kg gula pasir dan teh.

“KAT di Wucu Desa Lapandewa Jaya ini juga menjadi perhatian khusus pemerintah, mulai dari menyiapkan prasarana jalan, listrik, air dan MCK, serta bantuan lain yang dibutuhkan masyarakat,” tutur La Ode Arusani.

Dalam setiap kesempatan, Bupati Arusani mengajak semua masyarakat untuk bersatu membantu pemerintah dalam membangun Busel.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...