Gantikan Imran di DPR RI, Haerul Saleh Resmi Dilantik

3550
 

Kendari, Inilahsultra.com – Haerul Saleh resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sebagai pengganti antarwaktu (PAw) Imran yang meninggal dunia, Selasa 25 Agustus 2020.

Dikutip dari situs resmi DPR RI, Rapat Paripurna Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 melantik satu Anggota DPR RI Pengganti Antar Waktu (PAW) Haerul Saleh dari Fraksi Partai Gerindra.

- Advertisement -

Haerul Saleh dilantik menggantikan rekan separtainya di Gerindra, Imran yang wafat akibat sakit yang dideritanya beberapa waktu yang lalu.

Haerul merupakan calon legislatif pemenang suara terbanyak kedua yang berasal dari daerah pemilihan Sulawesi Tenggara.

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin sebelumnya meminta persetujuan pada seluruh Anggota Dewan untuk mendahulukan agenda pelantikan Anggota PAW sebelum dilanjutkan agenda lain.

“Maka berdasarkan hal tersebut, kami menanyakan kepada sidang dewan yang terhormat, apakah paripurna dapat kami dahului dengan pelantikan PAW DPR RI, bisa disepakati?” kata Azis seperti tulis situs resmi DPR RI.

Menggunakan tata cara pada Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (25/8/2020), Haerul mengucap sumpah jabatan sebagai Anggota yang dipandu oleh Azis. Ia menekankan bahwa sumpah jabatan anggota merupakan tanggung jawab anggota PAw terpilih kepada tuhan, bangsa, dan negara.

“Patut saya ingatkan, sumpah yang saudara ucapkan ini mengandung tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan Bangsa, Negara Republik Indonesia. Tanggung jawab menjaga dan memelihara Pancasila dan UUD 1945, yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Apakah saudara bersedia?” tanya Azis, yang disusul dengan ucapan tegas “Bersedia” dari Haerul Saleh.

Sebelumnya, Haerul Saleh merupakan anggota DPR RI periode 2014-2019. Ia kembali maju pada Pemilu 2019 dari partai yang sama Gerindra, namun hanya berada di peringkat kedua perolehan suara.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...