PAD Semester I di Buteng Capai Rp 1,3 Miliar

366
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mencatat Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak pada semester I (Januari-Juli) tahun 2020 mencapai Rp 1,3 Miliar lebih.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Buteng, Lukman mengatakan, pemerintah berjargon negeri di atas gua ini melakukan penarikan pajak pada enam sektor. Yakni Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Rumah Makan, Pajak Hotel, Pajak Reklame, dan Pajak Minerba (Mineral dan Batu Bara).

- Advertisement -

“Untuk penyetor PAD di sektor pajak terbesar yakni PBB, sedangkan yang lainnya seperti Minerba karena banyak Dana Alokasi Khusus (DAK) tidak kembali, hanya beberapa saja seperti DAK Perikanan dan Pertanian,” jelasnya.

Kata Lukman, capaian PAD di Semester I tahun ini tidak sebanding dengan tahun 2019 lalu. Penyebabnya, Pandemi Virus Corona melanda seluruh dunia, termasuk Kabupaten Buteng.

Akibatnya, untuk pajak restoran atau rumah makan dan hotel, alat perekam yang saat ini digunakan belum ada transaksi yang dilakukan. Sehingga meski alat perekam aktif namun tidak ada transaksi sehingga tidak terbaca.

“Buton Tengah ini kan rumah makan itu tergantung ASN yang datang berkantor, sementara dampak Covid-19 ini, ASN sempat diliburkan sementara, jadi pajak itu kurang,” bebernya.

Ia mengimbau kepada masyarakat apabila hendak ke rumah makan ataupun restoran, setelah makan diupayakan meminta slip pembayaran agar pajak restoran bisa tercatat di daerah.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...