Besok, PN Kendari Bakal Eksekusi Lahan di Kelurahan Korumba

753
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pengadilan Negeri (PN) Kendari berencana akan mengeksekusi tanah di Jalan M Yunus, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), besok, Jumat 27 Agustus 2020.

Eksekusi lahan itu sesuai ketetapan, Nomor : 84/Pen.Pdt.Eks 2015/PN.Kdi. Setelah keluarnya putusan kasasi dari Mahkamah Agung terhadap sengketa lahan antara Kemal Pasya selaku penggugat, dan Madatuang Dkk sebagai pihak tergugat.

- Advertisement -

Dalam surat itu, Ketua Pengadilan Negeri Kendari telah membaca, meneliti dan memeriksa surat permohonan dari Dahrian Aneboa tertanggal 4 November 2019 selaku kuasa dari penggugat, tentang permohonan eksekusi.

Kemudian berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Kendari No.84/Pdt.G/2015/PN.Kdi tanggal 21 Maret 2016 dalam perkara antara Kamal Pasya selaku penggugat atau pemohon eksekusi, melawan Madatuang Dkk sebagai pihak tergugat dan termohon eksekusi.

Humas PN Kendari, Kelik Trimargo mengatakan, yang melakukan eksekusi lahan adalah pengadilan dibantu dari pihak keamanan dari kepolisian yakni Polres Kendari. Seharusnya, kata dia, eksekusi dilakukan 25 Agustus kemarin, namun tertunda.

“Harusnya selesai eksekusi kemarin. Saya juga belum jelas info dari panitera kenapa belum selesai eksekusi kemarin,” jelas Kelik Trimargo melalui via WhatsAppnya, Kamis 27 Agustus 2020.

Biasanya, lanjut dia, eksekusi gagal karena keamanan belum siap atau mungkin faktor lainya. Menurut panitera BPN, belum datang untuk pengembalian batas.

“Harusnya tanpa BPN atau pengembalian batas pun harus eksekusi, karena dalam putusan terdahulu sudah ada gambar maupun hasil pemeriksaan setempat,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Seksi Penataan Pertanahan, BPN Kota Kendari, Muh Gazali Husen menuturkan, pihaknya datang ke lokasi eksekusi, namun terlambat karena surat yang disampaikan Pengadilan kepada BPN baru ada pada hari pelaksanaan eksekusi.

“Terlambatnya surat yang diterima BPN sudah dikonfirmasi ke pihak Pengadilan, katanya (Pengadilan) pernah mengirim ke BPN, tapi diperiksa juga dalam daftar surat masuk tidak ada. Jadi, PN bersurat kembali ke BPN,” pungkasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...