Pemkab Busel Gandeng LPPM UHO Genjot Sektor Perikanan

267
 

Batauga, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(LPPM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari untuk mengembangkan potensi perikanan.

LPPM UHO Kendari dipercaya menyusun dokumen tentang sistem logistik dan laporan distribusi pemasaran hasil perikanan melalui seminar akhir di Gedung Al Safitri Batauga, Senin 31 Agustus 2020.

- Advertisement -

“Kita berharap dari hasil seminar ini akan dihasilkan beberapa rekomendasi yang nantinya akan menjadi dasar pada pengembangan potensi di Busel,” ujar Asisten I Setda Busel Muslim Taangi mewakili Bupati Busel H La Ode Arusani.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Buton Selatan La Ode Muhamad Yusuf Hibali mengatakan, seminar ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan stabilitas sistem produksi dan pemasaran perikanan nasional.

Kemudian, memperkuat dan memperluas konektivitas antara sentra produksi hulu, produksi hilir dan pemasaran secara efisien.

“Serta meningkatkan efisiensi rantai pasokan ikan, bahan dan alat produksi serta informasi dari hulu sampai dengan hilir,” katanya.

Dia menjelaskan, ada empat tujuan yang ingin dicapai dari seminar tersebut.

Pertama, mengumpulkan data dan informasi tentang keragaman usaha perikanan, sarana dan prasarana, sistem distribusi dan pemasaran, kelembagaan serta sistem informasi perikanan yang mendukung sistem logistik ikan di Kabupaten Busel.

Kedua, mengumpulkan data dan informasi tentang rantai distribusi dan pemasaran produksi dan produk perikanan.

Ketiga, mengumpulkan data dasar untuk menentukan kapasitas produksi perikanan tangkap dan pengolahan hasil perikanan.

Keempat, memberikan arahan bagi pengembangan sistem logistik ikan di Busel sebagai bagian sistem logistik ikan nasional.

Sementara itu, untuk sasaran yang ingin dicapai juga terdapat empat point.

Diantaranya, meningkatkan reliabilitas perencanaan dan pengendalian sistem logistik. Meningkatkan produksi dan ketersediaan ikan untuk konsumsi dan usaha pengolahan. Meningkatkan sarana dan prasarana produksi, pengolahan, pemasaran dan sistem informasi pendukung sistem logistik.

“Dan terakhir, mendorong peran sektor perikanan khususnya perikanan tangkap di Buton Selatan menjadi ekonomi regional dan nasional,” tandas mantan Kadis Kebudayaan Busel ini.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...