100 Warga Binaan Lapas Perempuan Lulus Pembinaan Pelatihan BLK Kendari

318
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pembinaan kemandirian yang dibuat dalam lima paket pelatihan bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Kendari resmi ditutup oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil KemenkumHAM Sultra, KH Muslim, didampingi oleh Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari Dr La Ode Haji Polondu, Selasa (1/9/2020) di Aula LPPK III A Kendari.

Dalam proses tersebut 100 warga binaan yang terdiri dari lima paket pelatihan yakni merajut, tata kecantikan, hidroponik, tata boga dan menjahit dasar dinyatakan lulus sesuai isi sertifikat yang dikeluarkan BLK Kendari.

- Advertisement -

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu mengatakan, paket pelatihan yang dilaksanakan di Lapas Perempuan telah berlangsung sejak awal Juni 2020 lalu, dengan pembagian lima paket yang setiap paketnya memiliki peserta sebanyak 20 warga binaan dan dilaksanakan selama 25 hari.

“Ini merupakan hasil dari Momerandum of Understanding (MoU) yang kita teken bersama Kepala Kanwil KemenkumHAM Sultra pada 15 Januari 2020 lalu, dengan tujuan memberikan pendidikan pembinaan kemandirian bagi warga binaan,” katanya.

Berdasarkan hal tersebut, orang nomor satu di BLK Kendari ini berharap agar 100 warga binaan yang telah dilatih pihaknya bisa lebih baik dengan bekal pendidikan pelatihan yang diberikan. Minimal dengan pendidikan itu, para warga binaan tidak lagi mengulang kekeliruan yang dilakukan sebelumnya dan dari sisi ekonomi mampu menolong diri sendiri atau keluarga.

“Saya percaya, para warga binaan yang dilatih ini, sudah mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, dibuktikan dengan sertifikat yang telah mereka dapatkan,” jelasnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil KemenkumHAM) Sulawesi Tenggara (Sultra) Drs KH Muslim menambahkan, jika pihaknya memiliki harapan yang sama dengan BLK Kendari, yaitu mampu mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dengan baik untuk menolong diri sendiri atau keluarga.

“Kami tidak ingin mereka kembali lagi di sini karena persoalan yang sama seperti sebelumnya. Jadi, pendidikan keterampilan yang didapatkan ini perlu dimanfaatkan dengan baik dengan niatan yang baik pula,” sebutnya.

Pihaknya juga, lanjut dia, secara institusi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dan seluruh jajarannya atas kerjasama yang telah dibangun untuk memberikan pelatihan kepada warga binaan.

“Yang mampu memberikan keterampilan adalah BLK Kendari dan karena hal itu kami mengucapkan terimakasih sebab telah bersedia bekerjasama dengan kami,” tutupnya.

Penulis : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...