Busel Tuan Rumah Harhubnas di Sultra

597
 

Batauga, Inilahsultra.com – Kabupaten Buton Selatan (Busel) dipercaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2020 tingkat Provinsi Sultra.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Busel langsung melakukan berbagai persiapan untuk mensukseskan peringatan Harhubnas yang jatuh pada 17 September 2020.

- Advertisement -

Bupati Busel H La Ode Arusani menuturkan, peringatan Harhubnas nanti menjadi momentum bagi Busel untuk memperkenalkan kondisi daerah yang sangat membutuhkan penghubung antar pulau dan darat.

Pasalnya, tahun ini Pemkab Busel mengusulkan pembangunan Pelabuhan Feri Kadatua, Feri Siompu, dan Feri Batauga, serta rencana pembangunan Pelabuhan Siompu, Pelabuhan Lakaliba dan Pelabuhan Batu Atas.

“Karena kita menjadi tuan rumah dan yang hadir ini seluruh unsur stakeholder Perhubungan, maka kita mengharapkan mereka bisa melihat kebutuhan kita dan mengalokasikan program mereka ke wilayah kita sehingga kita harus memberikan pelayanan yang maksimal,” tutur Arusani saat memimpin rapat persiapan Harhubnas di Gedung Wisata Batauga, Kamis 3 September 2020.

Orang nomor satu di Busel ini menjelaskan, Pelabuhan Lakaliba akan memperpendek akses ke Batu Atas. Hal ini akan didukung dengan memperpendek ruas jalan yang terintegrasi ke terminal tipe B di Sampolawa serta ke Batauga yang juga akan terhubung dengan jalan melalui jalur Samulewa.

“Konektivitas antar lintas laut, udara dan darat akan meningkatkan akses dan mempermudah mobilitas masyarakat, dari dan ke Batauga selaku sentra Ibukota Busel,” jelasnya.

Arusani berharap, semua OPD terlibat dan memberikan dukungan sesuai dengan tupoksi masing-masing OPD.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Busel Erik Oktora Hibali mengatakan, pada peringatan Harhubnas nanti sekaligus dilakukan launching beberapa program Kemenhub yaitu launching Pelabuhan Feri Siompu, Kadatua, Bandara Cargo Kadatua, serta penganugerahan gelar adat kepada pejabat Kemenhub di Kadatua.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...