Dinsos Catat Warga Miskin di Buteng Lebih 15 Ribu

393
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mencatat lebih dari 15 ribu warga masuk kategori miskin hingga tahun 2020 ini.

Kepala Dinsos Buteng Abidin menjelaskan, data tersebut dilihat berdasarkan masyarakat yang menerima Bantuan Sosial Tunai ((BST), Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).

- Advertisement -

Kata dia, data tersebut masih akan dilakukan verifikasi ulang. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang seharusnya sudah dikategorikan mampu namun masih menerima bantuan.

“Ini akan diverifikasi dan divalidasi lagi kembali data, apakah warga miskin di Buteng akan bertambah atau berkurang,” ungkapnya saat di temui di ruang kerjanya, Rabu 2 September 2020.

Menurut dia, mereka yang dikategorikan warga miskin harus memenuhi beberapa kriteria. Antara lain dilihat dari kehidupan sehari-hari apakah bisa memenuhi kebutuhan pokok atau tidak, dan rumah tempat tinggal layak atau tidak layak.

Abidin mengakui, masih ada beberapa nama masyarakat yang menerima bantuan tidak tepat sasaran. Bahkan ada warga yang sudah meninggal dunia namun tetap menerima bantuan sosial. Hal ini disebabkan data yang diberikan pihak kelurahan maupun desa ke Dinsos tidak lengkap.

“Dinas Sosial hanya menerima data dari desa kelurahan yang kemudian kami langsung input untuk di teruskan ke kementerian. Jadi misalnya orang meninggal dunia masih mendapatkan bantuan sosial, kelurahan harus melaporkan ke kita disertai dengan surat keterangan kematian agar kita juga melaporkan ke kementerian punya bukti yang kuat dan kementerian juga tidak akan menghapus data tampa ada dasar yang kuat,” terangnya.

Ia berharap, penerima bantuan sosial kedepan betul-betul warga miskin sehingga tepat sasaran.

“Kita harapkan yang menerima bantuan ini memang warga miskin, bukan malah warga miskin yang memiliki mobil pribadi. Tentunya nanti kita akan melakukan upaya pengawasan kedepannya, yang menerima bantuan ini benar-benar warga miskin,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...