Dandim Muna Bekali Prajurit Latihan Mengatasi Huru Hara

378
 

Muna, Inilahsultra.com – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Muna, Kodim 1416 Muna melakukan berbagai persiapan berupa latihan menghadapi kemungkinan yang terjadi.

Kodim 1416 Muna bersinergi dengan satuan lainnya untuk melakukan BKO di Pilkada. Baik itu dari kesatuan batalyon maupun satuan prajurit lain untuk menjamin keamanan saat Pilkada.

- Advertisement -

Komandan Kodim (Dandim) 1416 Muna, Letkol Arm Andi Akbar menyampaikan kesiapan untuk membackup Polri menyukseskan Pilkada di wilayah teritorialnya.

“Prajurit akan terus dilatih dan dibekali dengan latihan-latihan tertentu untuk mengatasi huru-hara seperti kerusuhan antarkelompok yang mengganggu keamanan daerah,” ucap Andi Akbar, Selasa 8 September 2020.

Selain itu, kata dia, seluruh Babinsa di Kabupaten Muna akan dibekali dengan netralitas prajurit. Ia juga menekankan netralitas bagi seluruh jajaran TNI, baik tingkat atas maupun di bawah untuk berpegang teguh pada kode etik satuan prajurit.

“Bilamana ada prajurit tidak netral, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Soal teknis, pihaknya akan selalu melakukan koordinasi dan kerja sama dengan pihak kepolisian. Untuk itu, Dandim mengimbau agar semua pihak bekerjasama demi terlaksananya proses demokrasi dengan baik.

Saat ditanya soal jumlah personel yang dilibatkan. Dandim bilang, akan disesuaikan dengan permintaan.

Intinya, kata dia, Kodim 1416 Muna siap membantu Polri untuk menyukseskan pesta demokrasi di Bumi Sowite.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...