Hasil Pemeriksaan Kesehatan Cabup-Cawabup Butur Tak Diumumkan

674
 

Buranga, Inilahsultra.com – Pemeriksaan kesehatan pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Buton Utara (Butur) telah selesai. Hasilnya, akan diserahkan tim pemeriksa kesehatan Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas Kendari, Sabtu 12 September 2020.

Ketua KPU Butur Hasruddin mengatakan, seluruh pasangan Cabup-Cawabup Butur selesai memeriksakan kesehatan pada Kamis 10 September 2020.

- Advertisement -

“Selesai semua kemarin (Kamis, 10 September 2020). Tinggal penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan tanggal 12 September,” ujar Hasruddin di Gudang Logistik KPU Butur, Jumat 11 September 2020.

Menurut Hasruddin, hasil pemeriksaan kesehatan tidak bisa diumumkan karena bersifat rahasia. KPU Butur hanya menerima hasil dari tim pemeriksa kesehatan apakah calon yang bersangkutan memenuhi syarat atau tidak.

“Hasil pemeriksaan kesehatan kita tidak bisa umumkan. Kita hanya mengumumkan calon yang memenuhi syarat dengan tidak,” jelasnya.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Butur M Sairman Sahadia menambahkan, dalam pemeriksaan kesehatan pasangan calon KPU hanya memberikan surat pengantar. Hasil pemeriksaan kesehatan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penuh tim yang ditunjuk RSU Bahteramas.

“Rekam medik pasangan calon itu merupakan rahasia. Tidak bisa dibeberkan. Kita hanya menerima hasilnya dan mengumumkan pasangan calon memenuhi syarat atau tidak,” tuturnya.

Menurut Sairman, KPU tidak wajib memberikan hasil pemeriksaan kesehatan kepada pihak manapun. Termasuk kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekalipun.

“Aturannya seperti itu,” tuturnya.

Sesuai jadwal, pemeriksaan kesehatan pasangan calon berlangsung mulai tanggal 4-11 September 2020. Selanjutnya, pengumuman hasil verifikasi berkas tanggal 13 September. Dan jadwal perbaikan berkas mulai tanggal 14-16 September 2020.

“Penetapan calon tanggal 23 September 2020,” ungkap Hasruddin.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...