192 Hektar Kawasan Pemukiman di Buteng Masuk Kategori Kumuh

714
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mencatat sebanyak 192 hektar lahan pada tahun 2020 masuk kategori kawasan kumuh.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Buton Tengah nomor 239 tahun 2019 tentang Perubahan atas Keputusan Bupati Buton Tengah nomor 262 tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi Lingkungan Perumahan dan Pemukiman Kumuh di Kabupaten Buton Tengah.

- Advertisement -

Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Buteng Suardin Jama mengatakan, 192 hektar kawasan kumuh tersebut tersebar di seluruh kecamatan.

Rinciannya, Kecamatan Lakudo 27 hektar, Kecamatan Sangia Wambulu 25 hektar, Kecamatan Gu 26 hektar, Kecamatan Mawasangka 35 hektar, Kecamatan Mawasangka Timur 28 hektar, Kecamatam Mawasangka Tengah 26 hektar dan, Kecamatan Talaga 25 hektar.

Kata dia, hingga saat ini belum mengatasi kawasan kumuh tersebut. Dinasnya masih melakukan pemetaan kawasan kumuh pada setiap desa dan kelurahan.

“Revitalisasi kawasan kumuh kita belum lakukan, saat ini petugas lapangan kita masih sementara melakukan pemetaan tiap desa dan kelurahan untuk mengetahui persis lokasi kumuh tiap desa dan kelurahan,” terangnya.

Data kawasan kumuh yang diberikan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), lanjut dia, hanya sebatas tiap kecamatan. Sehingga Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman masih mengidentifikasi desa dan kelurahan mana saja yang masuk kategori kumuh tersebut.

Ia menjelaskan, ada tujuh kriteria kategori kawasan kumuh. Mulai dari kondisi bangunan gedung, jalan lingkungan, penyediaan air minum, drainase lingkungan, pengelolaan air limbah, pengelolaan persampahan, dan proteksi kebakaran.

Setelah melakukan pemetaan tiap desa dan kecamatan mana saja yang masuk kategori kumuh, lanjut dia, Pemkab Buteng akan langsung melakukan revitalisasi dan pemberian bantuan agar tepat sasaran.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...