APBD-P Baubau 2020 Fokus Pulihkan Ekonomi dan Sejahterakan Masyarakat

464
 

Baubau, Inilahsultra.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Baubau 2020 disahkan dalam rapat paripurna di Kantor DPRD Baubau, Rabu 16 September 2020.

Adapun rinciannya, Pendapatan Daerah sebesar Rp 852 miliar, Belanja Daerah sebesar Rp 939 miliar dan Devisit Rp 87,1 miliar.

- Advertisement -

Arah kebijakan APBD-P ini fokus pada upaya pemerintah dalam pembenahan sektor ekonomi, kesehatan, dan jaring pengaman sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Wali Kota Baubau AS Tamrin menuturkan, APBD ini merupakan komitmen pemerintah dalam menjadikan Baubau sejahtera dan berbudaya. Tentu, dengan melalui pengelolaan keuangan yang sehat, efektif dan berkelanjutan demi kepentingan masyarakat.

Kendati begitu, orang nomor satu di kota pemilik benteng terluas di dunia ini mengakui jika pendapatan daerah terbesar masih berasal dari dana perimbangan yang merupakan dana transfer dari pemerintah pusat.

“Proporsi Dana Perimbangan sebesar 76,21 persen dari total pendapatan Daerah. Sedangkan PAD baru memberikan kontribusi sekitar 12,06 persen dan Lain-Lain Pendapatan Daerah Yang Sah sebesar 11,73 persen,” tutur AS Tamrin.

Ketua DPRD Kota Baubau H Zahari mengatakan, persetujuan bersama APBD-P Baubau 2020 ini kemudian akan dilanjutkan ke tingkat provinsi untuk di evaluasi.

“Nanti setelah dari Kendari, baru resmi (bergerak),” ujarnya.

Terkait biaya tak terduga (BTT), tambah Haji Bobi (sapaan akrab H Zahari), terbagi dua jenis BTT. Antara lain, BTT khusus Covid-19 Rp 46 miliar dan BTT lain untuk OPD Rp 41 miliar.

“BTT Covid ini digunakan khusus penanganan Covid-19 dan tidak bisa digunakan untuk yang lain atau diganggu gugat,” tandas Ketua Golkar Baubau ini.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...