Pemkab Butur Kucurkan Ratusan Juta Bantu Ribuan Pelaku Usaha dan Koperasi

369
 

Buranga, Inilahsultra.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur), mengucurkan anggaran ratusan juta rupiah untuk bantuan dana pembinaan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan lembaga koperasi terdampak Covid-19.

Tercatat, penerima bantuan dana yang bersumber dari APBD berjumlah 1.000 pelaku UMKM dengan masing-masing dibantu Rp. 500.000.

- Advertisement -

Penerima bantuan ini, tersebar di enam kecamatan se-Butur. Rinciannya, Kecamatan Kulisusu 400 pelaku UMKM, Kulisusu Utara 100 orang dan Kulisusu Barat 100 orang. Kemudian, Kecamatan Bonegunu 200 orang, Kambowa 100 orang dan Wakorumba Utara 100 orang.

Selain itu pelaku UMKM, bantuan juga diberikan kepada 10 lembaga koperasi. Adapun rinciannya, Kecamatan Kulisusu 4 unit koperasi, Kambowa 1 unit koperasi, Bonegunu 1 unit koperasi, Kulisusu Utara 1 unit dan Kulisusu Barat 3 unit. Masing-masing koperasi dibantu Rp. 10 juta.

Bupati Butur, Abu Hasan saat menyerahkan secara simbolis, di Kantor Camat Kulisusu, kemarin menyampaikan, penyaluran dana tersebut dimaksudkan agar roda UMKM dan koperasi di Butur dapat terus berjalan.

Menurut politisi PDIP itu, walaupun jumlahnya tidak seberapa, namun dirinya berharap penerima bantuan dapat mempertahankan serta mengembangkan usaha yang digelutinya sehingga mampu menambah nilai ekonomi.

“Dampak ekonomi, Itulah yang kita perbaiki pelan-pelan,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Butur, Baebudi mengungkapkan penyaluran bantuan ini masih dalam rangkaian upaya pemulihan ekonomi nasional akibat Covid-19.

Pandemi Covid-19, sambung mantan Sekretaris Dinas Pendidikan Butur ini sangat berdampak pada perekonomian di seluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali di Butur. Kondisi ini, tentu juga dirasakan oleh anggota koperasi dan pelaku UMKM dengan minimnya pendapatan dan jasa simpan pinjam serta wirausaha.

“Peran Koperasi dan UMKM sangat diharapkan menggali potensi sumber ekonomi semaksimal mungkin, agar mampu bertahan dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya anggota koperasi dan pelaku UMKM,” kata Baebudi.

Bantuan untuk UMKM dan Koperasi ini, bukan hanya bersumber dari APBD, tetapi akan mendapat bantuan dana yang bersumber dari APBN melalui Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia dan APBD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Untuk bantuan dari APBN masing-masing anggota koperasi dan pelaku UMKM dibantu sebesar Rp. 2.400.000. Usulan untuk Buton Utara sebanyak 4.645 pelaku UMKM, yang masuk sampai hari ini bantuan ini baru 759 pelaku UMKM,” jelasnya.

Untuk bantuan dana yang bersumber dari APBD Provinsi Sultra, besaran yang akan diterima oleh pelaku UMKM dan anggota koperasi masing-masing Rp 2 juta.

Editor : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...