Tahun ini, Pesta Adat Metau’a di Siompu Busel Digelar Sederhana

1913
 

Batauga, Inilahsultra.com – Masyarakat adat Desa Biwinapada, Nggulanggula, Wakinamboro, Batuawu, Tongali dan Desa Lapara (Binawakili) Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan (Busel) kembali menggelar pesta adat Metau’a, Rabu 16 September 2020

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pesta adat Metau’a yang merupakan agenda rutin tahunan Sara Binawakili yang dilaksanakan turun temurun ini digelar secara sederhana karena pandemi Virus Corona.

- Advertisement -

Camat Siompu Haruddin menuturkan, Metau’a tahun 2020 ini dilaksanakan secara sederhana, mengingat wabah Covid-19 masih melanda hampir seluruh daerah di Indonesia.

“Meskipun begitu, pelaksanaan kegiatan tetap memperhatikan protokol Covid-19,” tuturnya.

Kata dia, pesta adat Metau’a ini didahului dengan proses kamboto selama 3 malam berturut-turut, tepatnya 10-12 September 2020.

“Itu dimulai pukul 24.00 Wita hingga menjelang fajar. Selanjutnya dirangkaikan dengan acara Fomani setelah 4 hari kemudian yaitu hari ini (16 September 2020),” katanya.

Haruddin menjelaskan, puncak acara Fomani adalah rangkaian yang paling meriah dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kecamatan Siompu.

Bahkan, acara Fomani ini bukan hanya dihadiri oleh masyarakat Siompu tetapi juga dihadiri oleh masyarakat yang berasal dari luar Kabupaten Busel.

“Jadi penerapan protokol kesehatan benar-benar kita terapkan. Salah satunya wajib bermasker bagi pengunjung yang menghadiri Fomani,” ujarnya.

Untuk diketahui, pesta adat Metau’a adalah bagian pelestarian Budaya Siompu yang masih terus terjaga dan tetap dilakukan oleh masyarakat Siompu.

Apalagi tarian Fomani memiliki nilai historis yang mendalam dan erat hubungannya dengan nilai ke-Indonesia-an karena hal ini tergambar dari selempang merah putih pada penari yang sudah digunakan sejak jaman Indonesia belum merdeka.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...