Berkunjung di Muna, Bawaslu RI Ingatkan Paslon Kepala Daerah Patuhi Protokol Kesehatan

780
 

Laworo, Inilahsultra.com– Badan Pengawas Pemilihan (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) berkunjung di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), Jum’at 18 September 2020.

Kunjungan lembaga pengawas pemilu itu dalam rangka menghadiri penyelenggaraan Sosialisasi Produk Hukum Bawaslu Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Muna Tahun 2020.

- Advertisement -

Sosialisasi tersebut itu juga digelar untuk memastikan tahapan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kordiv Hukum, Humas dan Ditan Bawaslu RI, Fritz Edwar Siregar mengatakan, dalam setiap tahapan yang akan dilakukan oleh bakal pasangan calon (Paslon) Bupati Muna, sejatinya harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita diminta untuk mengerti bahwa dasar dalam melakukan Pilkada 2020 ini adalah menerapkan protokoler kesehatan dalam setiap tahapan,” kata Fritz Edwar dalam menyampaikan sambutanya di Aula Hotel Asri Mulia, Kota Raha, Jumat, 18 September 2020.

Pada kesempatan itu, ia sedikit menyinggung beberapa Bakal calon Kepala daerah yang pernah ditegur oleh Kementrian Dalam Negeri terkait dengan tidak mematuhi protokol kesehatan saat pelaksanakan tahapan dengan menghadirkan masa banyak.

“Salah satu bakal calon kalau melanggar protokel kesehatan maka akan didiskualifikasi,” tegas Fritz.

Untuk itu pihaknya, mengingatkan kepada bakal calon yang digadang-gadangkan untuk maju di Pilkada Muna itu agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid- 19.

“Untuk prosesi Pilkada itu adalah tanggung jawab kita bersama,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim merasa bersyukur dengan kehadiran Bawaslu RI yang pertama kalinya di Muna.

Pria yang sering disapa Bram itu berharap bisa memberikan penguatan hukum kepada seluruh jajaran Bawaslu Muna, bisa memahami agar kedepanya bisa mengantisipasi adanya pelanggaran – pelanggaran bakal calon dalam tahapan Pilkada hingga penetapan nanti.

“Selamat datang di Kabupaten Muna Pak. Melihat di Pilkada Muna sebelumnya pernah PSU dua kali. Jadi ini menjadi perhatian khusus atau atensi kepada penggiat-penggiat politik. Kita merasa bersyukur sekali bisa hadir di tempat ini dalam rangka bisa memberikan penguatan atau pencerahan pada kami Bawaslu Muna beserta jajarannya, Panwas kecamatan serta Panwas Desa,” ucapnya.

Dalam Kegiatan Sosialisasi tersebut dihadiri , Kopolres Muna, Dandim Muna, Ketua KPUD Muna, Ketua Bawaslu Muna bersama anggotanya dan selurah Panwascan Kabupaten Muna, Ketua Bawaslu Muna Barat serta jejeranya dan ketua serta anggota Bawaslu Sultra.

Reporter : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...