Harhubnas, Kemenhub Launching Pembangunan Pelabuhan Siompu dan Kadatua

608
 

Kendari, Inilahsultra.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, resmi melaunching pembangunan Pelabuhan Penyebrangan Siompu dan Kadatua di Kabupaten Buton Selatan (Busel), tepat pada peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2020.

Seyogyanya, peringatan Harhubnas ini dipusatkan di Kabupaten Busel. Namun karena wabah virus Corona, akhirnya peringatan ini dipusatkan di Terminal Penumpang Tipe A Puuwatu Kota Kendari, Sabtu 19 September 2020.

- Advertisement -

Selain melaunching pembangunan Pelabuhan Penyebrangan Siompu dan Kadatua Busel, Kemenhub turut melaunching pembangunan beberapa infrastruktur di Sultra.

Masing-masing, Terminal Tipe A Puuwatu di Kota Kendari dan Pelabuhan Penyebrangan Kaledupa, Tomia dan Binongko di Kabupaten Wakatobi.

“Pembangunan beberapa dermaga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengakses dan konektivitas beberapa daerah di Sultra. Selain itu, didalamnya terdapat Program Padat Karya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat sesuai arahan Bapak Presiden,” tutur Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI Budi Setiyadi saat melakukan launching.

Bupati Busel H La Ode Arusani sangat bersyukur atas perhatian Kemenhub RI dalam rangka pembangunan infrastruktur perhubungan di Busel. Pasalnya, Busel sangat membutuhkan pembangunan fasilitas penghubung antar pulau dengan daratan Batauga.

“Pelabuhan penyebrangan Siompu dan Kadatua adalah berkah bagi Busel, terkhusus Pulau Siompu dan Kadatua karena dengan terbangunnya fasilitas penyeberangan di kedua pulau ini akan membuka akses mobilitas masyarakat dan mengerakkan berbagai sektor unggulan menjadi potensi kedua pulau tersebut diantaranya ekonomi, perikanan dan pariwisata serta sektor lainnya,” ucap Arusani.

Orang nomor satu di daerah syiar Islam pertama di tanah Buton ini berharap, kedepan dapat dilanjutkan lagi pembangunan Pelabuhan Penyeberangan di Bandar Batauga Kecamatan Batauga untuk menghubungkan konektifitas antara Siompu, Kadatua, Batuatas dan Batauga.

“Bila perlu dibangun Pelabuhan Penyeberangan antar Provinsi di daerah kami Kabupaten Busel,” harap Arusani.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...