Sudah 41 Dokter di Sultra Terinfeksi Virus Corona

307
 

Kendari, Inilahsultra.com Sebanyak 41 dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara (Sultra) terinfeksi virus corona sejak pandemi terjadi hingga hari ini, Senin 21 September 2020.

Dokter terakhir yang terinfeksi adalah Muh Ridwan yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara.

- Advertisement -

Ridwan dilaporkan terinfeksi setelah menjalani swab PCR tadi pagi dan sore tadi keluar hasilnya positif Covid.

“Itu berdasarkan permintaan sendiri dokter Ridwan untuk dilakukan swab. Ternyata hasilnya positif,” kata Ketua IDI Sultra La Ode Rabiul Awal.

Sebelum Ridwan, dokter di salah satu puskesmas di Kabupaten Konawe Kepulauan juga dilaporkan terinfeksi covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra ini juga menyebut, sebanyak 32 orang dokter merupakan dokter umum sementara sembilan orang lainnya merupakan dokter spesialis.

Menurut Rabiul, meski tidak bekerja di ruang isolasi Covid, dokter umum juga rentan terhadap infeksi virus karena sehari-hari kontak langsung dengan pasien yang bisa jadi orang tanpa gejala (OTG) Covid.

“Sudah banyak kasus dokter umum banyak terinfeksi entah dimana. Tapi aktivitas mereka yang kontak langsung dengan pasien umum sangat rentan karena bisa jadi pasien yang datang itu terinfeksi covid,” jelasnya.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada 32 dokter yang dinyatakan sembuh sementara 9 lainnya masih menjalani perawatan.

Selain dokter yang tergabung di IDI Sultra, ada juga beberapa dokter yang tergabung dalam organisasi lain semisal Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Namun soal jumlah pastinya ia tidak ketahui.

Selain dokter, sudah ada ratusan tenaga kesehatan yang terinfeksi virus corona dan beberapa di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...